5 Restoran Minang Terenak di Indonesia dan Resep Rendang ala Gordon Ramsay

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tak kenal rendang, kelezatannya pun sudah mendunia. Masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah ini berasal dari Minangkabau, Sumatera.

Konon, rendang telah menjadi masakan yang tersebar luas sejak orang Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada awal abad ke-16. Hal ini karena rendang tahan disimpan hingga berbulan lamanya, sehingga tepat dijadikan bekal kala merantau atau dalam perjalanan niaga.

Pada 2017, rendang pun dinobatkan menjadi makanan terbaik dunia versi pilihan pembaca internasional CNN atau “World Best Foods Reader Choice”. Setahun kemudian, pada 9 April 2018 Kementerian Pariwisata RI juga memasukkan rendang sebagai salah satu dari lima makanan khas nasional bersama dengan soto, nasi goreng, sate, dan gado-gado.

Nah, karena sudah diakui kelezatannya dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Buat kamu pecinta rendang, sudah cicipi rendang terenak di Indonesia, belum? Berikut daftarnya!

1. Restoran Garuda, Medan

Restoran Garuda sudah berdiri sejak tahun 1976, restoran ini memiliki cabang yang tersebar di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bandar Lampung. Bahkan sampai ada juga cabang di Singapura.

Menu andalan tempat makan ini tentu adalah rendang. Menariknya, citarasa setiap cabang punya perbedaan. Bukan karena apa, tetapi supaya rasa rendang Restoran Garuda mengglobal.

Di sini, kamu bisa memilih 10 jenis rendang. Salah satunya ada rendang daging has, lemak daging sapi (gajeboh), hati, limfa hingga rendang ayam. Menu tersebut tidak dimasak menggunakan santan, tetapi dengan susu, jadi tidak perlu khawatir kolesterol ya.

Jika ingin merasakan makanan di Restoran Garuda, cukup siapkan uang antara Rp 6000 -Rp 50.000. Jangan lupa datang di cabang terdekat di kotamu.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Restoran Garuda (@restorangaruda)

2. Rumah Makan Simay Jakarta

Rumah Makan Simay (RM Simay) yang terkenal dengan kelezatan rendang dan dendengnya ini sudah berdiri sejak 1982. Bu May sang pemilik telah merintis rumah makan padang dengan resep turun temurun dari ibunya.

Ciri khas rendang di RM Simay ini menggunakan kelapa sapi, merupakan bagian daging yang berasal dari paha belakang bagian atas. Walaupun sangat sulit dimasak karena mudah hancur, tetapi Bu May mampu memasaknya dengan utuh dan pastinya nikmat.

Kamu bisa mengunjungi salah satu cabangnya di Jakarta, yaitu di daerah Tanah Abang, Palmerah Barat dan Utara. Atau dapat juga memesan via aplikasi food delivery kesayanganmu. Untuk harganya mulai dari Rp 6000 – Rp25.000, sedangkan khusus rendang setengah kilo dihargai Rp 150.000.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rumah Makan Simay (@rm_simay)

3. Malah Dicubo, Bandung

Berikutnya, kamu bisa mencoba rendang di Malah Dicubo yang berada di Jalan Stasiun Hall Selatan No.27, Bandung. Rumah makan ini terkenal dengan dendeng batakok dan tentu rendangnya. Ukuran daging yang besar disertai bumbu rempah yang royalnya sungguh nikmat.

Jangan lupa dicocol ke sambal ijonya ya, dijamin semakin lezat. Satu porsi nasi rendangnya dihargai Rp 22.000 saja.

4. Natrabu Minang, Bali

Salah satu tempat makan yang memiliki rendang terlezat lainnya adalah Natrabu Minang di Bali, tepatnya di Jalan By Pass Ngurah Rai No.163, Sanur, Denpasar Selatan, Bali. Restoran ini sangat menarik karena menampilkan berbagai macam ornamen seperti adanya panggung pelaminan dan berbagai macam barang khas Minangkabau.

Menu di sini bisa dipesan melalui dua cara, yaitu a la carte dan all you can eat dengan spesialisasi menu ayam pop dan rendang yang terjamin kelezatannya. Harga menu masakan padang di Restro Natrabu Minang ini mulai Rp 20.000 – Rp 28.000 dan belum termasuk ppn. Beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 WITA.

5. RM Sari Bundo Makassar

Selanjutnya adalah RM Sari Bundo Makassar yang terletak di Jalan A.P. Pettarani No.3, Makassar. Resto masakan padang ini tersebar di berbagai daerah. Menu rendangnya sangat lah lezat, uniknya disini juga disediakan menu seafood.

Penasaran dengan rasanya? Datang dan buktikan kenikmatan nasi rendang dengan sambalnya yang super pedas. Rumah makan ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 – 22.00 WITA. Untuk harganya masih terjangkau lho, yaitu kurang dari Rp 50.000.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sari Bundo Official (@saribundo_rm)

Itu dia 5 tempat dengan rendang terenak di Indonesia. Jangan lupa mencobanya ya. Lalu, buat kamu pecinta rendang yang lebih suka masak sendiri, pastinya kamu ngga ketinggalan acaranya Gordon Ramsay: Uncharted dong?

Dalam acara yang disiarkan oleh National Geographic Channel, Gordon ditantang oleh William Wongso membuat rendang khas Minang yang nantinya disajikan untuk Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Setelah melewati perjalanan cukup panjang, mulai dari blusukan ke pasar sampai masak di tengah gerimis. Rendang daging sapi ala Gordon Ramsay pun dihidangkan kepada Irwan Prayitno.
Gubernur dan keluarganya menilai rendang buatan Gordon ‘lamak bana’, artinya sangat lezat.

Nah, kamu juga bisa lho mencoba resep rendang daging sapi ala Gordon Ramsay. Koki asal Inggris tersebut membagikan resep rendang buatannya melalui situs resmi Gordon Ramsay, berikut resepnya:

Bahan daging
• 1 kg daging sapi bagian tenderloin, potong kotak berukuran 5 cm
• 1 sdm jinten bubuk
• 1 sdm ketumbar bubuk
• 1 sdm merica bubuk
• 2 sdm garam
• 1/2 cup minyak biji anggur

Bumbu halus
• 12 bawang merah, cincang kasar
• 6 siung bawang putih, cincang
• 12 cabai merah besar, cincang
• 2 sdt jahe, cincang
• 2 sdm lengkuas, cincang
• Garam secukupnya
• 4 sdt kemiri bubuk
• 2 sdm merica bubuk
• 1 sdt kapulaga bubuk
• 2 sdm ketumbar bubuk
• 2 sdm jinten bubuk
• 1/2 sdt pala bubuk
• 1/2 cm bunga lawing
• 1 potong serai, pakai bagian tengahnya, cincang
• 1/2 cup minyak biji anggur (grapeseed oil)
• 1/2 cup air
• 1 liter santan kental, dengan kandungan lemak 24%
• 2 lembar daun kunyit, bisa diganti dengan daun salam
• 2 sdm kunyit, kering maupun yang masih segar
• 4 lembar daun jeruk

Proses memasak
1. Masukkan semua bumbu halus ke dalam blender, kecuali daun kunyit, daun jeruk, dan santan kental. Campur semua bahan sampai halus.
2. Siapkan wajan atau wok, masukkan bumbu halus. Tambahkan daun kunyit dan daun jeruk, aduk bumbu. Masak dengan api sedang sampai bumbu bau harum.
3. Masukkan santan kental, aduk terus selama sekitar 1 jam. Jangan sampai gosong.
4. Sementara itu pada mangkuk terpisah, bumbui daging sapi dengan garam, merica, jinten, dan ketumbar.
Panaskan wajan teflon, masukkan minyak biji anggur. Panggang daging sampai berwarna coklat tua. Proses ini dinamakan pan seared, memanggang daging menggunakan wajan teflon.
5. Masukkan daging yang telah dipanggang ke dalam wok berisi santan dan bumbu. Aduk sampai santan semakin mengental dan minyak alaminya keluar. Masak sampai rendang berwarna coklat keemasan.
6. Terus aduk rendang hingga cukup mengering dan teksturnya seperti pasir basah. Pastikan rendang tidak gosong, untuk menghindari rasa pahit.
7. Apabila daging sudah empuk dan warna rendang pas, matikan api. Sajikan rendang daging sapi dengan nasi putih.

Selamat mencoba!

Reporter: Indah Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini