Sungai Barito

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kota Banjarmasin telah berusia 494 tahun. Kota ini termasuk salah satu yang tertua di Indonesia.

Dijuluki Kota Sungai, wisata di Banjarmasin sebenarnya bukan hanya soal sungai yang meliuk-liuk saja. Banyak destinasi lainnya yang bisa membuatmu terpesona.

Berikut, 5 rekomendasi destinasi wisata di Banjarmasin

1. Danau Biru Pengaron

Danau Biru Pengaron

Airnya biru, seperti namanya. Danau ini adalah bekas galian tambang yang sudah tak terpakai lagi, namun dikelola menjadi tempat wisata yang menarik. Danau yang berada di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Kabupaten Banjar ini berjarak 100 kilometer dari Kota Banjarmasin dengan waktu tempuh 2 jam 10 menit berkendara.’

2. Sungai Barito

Sungai Barito

Sungai Barito pernah menjadi jantung perekonomian Banjarmasin dulu. Di sungai yang membentang sepanjang 10 ribu kilometer ini, kamu bisa menjumpai pedagang-pedagang yang menjajakkan berbagai jenis barang, termasuk kebutuhan pangan.

3. Pantai Takisung

Pantai Takisung

Pantai ini menjadi ikon di Banjarmasin, dan ramai dikunjungi warga Kalsel. Ciri khasnya, pasir berwarna cokelat dengan rimbunan pohon kelapa di bibir pantai. Ada juga batu besar di tengah laut yang disebut Batu Bajanggut. Untuk sampai ke Batu Bajanggut, kita harus menumpang perahu yang disewakan para nelayan seharga Rp 10.000 untuk satu orang.

4. Bukit Rimpi

Bukit Rimpi

Mau menikmati padang savana hijau dengan kontur perbukitan? Yuk, ke Bukit Rimpi saja, yang letaknya 65 kilometer dari Kota Banjarmasin. Waktu tempuhnya hanya dua jam saja kok.

5. Hutan Mangrove Pagatan Besar

Hutan Mangrove Pagatan Besar

Hutan mangrove yang satu ini tak kalah menariknya kalau kamu berkunjung ke Banjarmasin. Di sini, kamu bisa hunting foto loh. Banyak ragam flora dan fauna yang hidup di hutan ini. Pada momen tertentu, kamu juga bisa ikut menanam mangrove sebagai upaya pelestarian.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here