5 Makanan yang Inframe di Film Bollywood

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meningkatnya popularitas film Bollywood di seluruh dunia membuat apapun yang berkaitan dengan India selalu diburu dan dicari oleh para wisatawan. Pakaian tradisional, aksesoris, hingga makanan khas India misalnya.

Tanpa disadari setiap adegan yang diambil oleh suatu film selalu melibatkan makanan sebagai properti pendukung, terutama jika sedang mengambil latar pasar atau sedang melakukan kegiatan ritual seperti dalam film Kabhi Kushi Kabhi Gham, Rab Ne Bana Di Jodi, dan film lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut merupakan makanan khas India yang masuk inframe dalam film bollywood dan wajib kamu coba ketika mengunjungi Negara Hindustan.

  1. Laddu

Pada film Kabhi Kushi Kabhi Gham pemeran Rohan Raichan yang diperankan oleh Hrithik Roshan sangat menyukai makanan manisan seperti Laddu. Laddu sejenis kue kering yang terbuat dari tepung, garam, kacang almond, mentega, dan air gula yang berbentuk bulat.

Laddu biasa disajikan untuk perayaan keagamaan, pesta pernikahan, dan upacara adat lainnya, sehingga tak heran kalau kamu sering melihat makanan manisan ini di film Bollywood yang kamu tonton.

  1. Golgappa

Golgappa atau pani puri atau Fuchka adalah sejenis makanan ringan yang berasal dari anak benua india. Selain itu, kudapan ini merupakan salah satu kudapan jalanan paling umum di India dan Bangladesh.

Makanan ini menjadi terkenal di kalangan pecinta Bollywood setelah adegan lomba makan kue ringan yang diperankan oleh Shah Rukh Khan dengan Anushka Sharma di film Rab Ne Bana Di Jodi.

Orang-orang di India Utara seperti di wilayah Delhi, Punjab, dan Himachal Pradesh menyebutnya dengan nama Gol Gappas. Kata ini diambil dari bentuknya seperti bola-bola (gol) yang dimasukan ke dalam mulut dan dikunyah sekalian (gappa).

Sementara daerah Rajastan dan Uttar Pradesh mengenalnya dengan nama pani ke bataashe yang bermakna makanan yang renyah yang dimakan dengan air yang pedas.

  1. Biryani

Makanan yang satu ini kerap hadir dalam adegan makan malam keluarga di film India. Basi biryani biasa disajikan dalam piring yang terbuat dari stainless steel. Nasi biryani memiliki ciri khas berupa warnanya yang kuning dan beras yang memiliki bulir ukuran panjang dari jenis lainnya seperti beras basmati.

Selain itu, nasi biryani juga kaya akan rempah-rempah sehingga menambah rasa keistimewaan tersendiri ketika menyantapnya. Hidangan ini paling cocok dihidangkan dengan kari.

  1. Samosa

Dalam beberapa film India, kudapan ini sering ditemukan. Samosa memiliki rasa gurih dan merupakan salah satu kudapan khas Timur Tengah yang kini mudah dijumpai di Indonesia.

Kudapan ini terdiri dari dua komponen yakni kulit dan isinya. Kulitnya terbuat dari tepung terigu, minyak samin, dan garam. Untuk isiannya beragam, ada yang diisi dengan tumisan kacang kapri, kentang, labu atau kacang polong. Tekstur kulitnya cenderung renyah, sama seperti ketika sedang mecicipi pastel.

  1. Jalebi

Dalam salah satu adegan lagu Shah Rukh Khan pada Rab Ne Bana Di Jodi, terlihat dirinya memegang Jalebi yang dijual oleh pedagang makanan di pasar tradisional. Jalebi termasuk salah satu jenis manisan berwarna oranye seperti permen dan umumnya disajikan dengan sirup gula.

Selain itu jalebi terlihat berbeda karena bentuknya yang dibuat melingkar tidak beraturan seperti tumpukan mie. Jalebi terbuat dari bahan plain yogurt dan ragi yang cara pembuatannya direndam terlebih dahulu dalam larutan gula lalu setelah itu digoreng. Hasil jalebi yang sudah digoreng pada umumnya bertekstur mengkilap, kering dan renyah.

Reporter: Fifi Zuniarti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini