MATA INDONESIA, JAKARTA – Bermain bulu tangkis, seperti olahraga pada umumnya, memerlukan aktivitas tubuh yang cukup aktif.

Saat bermain bulu tangkis, hampir semua bagian tubuh kita harus siap untuk bergerak aktif selama permainan berlangsung. Badan kita, pinggang, kaki, lutut, lengan, bahu, leher, hingga pergelangan tangan kita dituntut untuk siap bergerak aktif sambil mengayunkan raket. Karena itu, tanpa latihan peregangan yang baik, bermain badminton memiliki resiko cedera yang tinggi. Sebelum bermain badminton, penting bagi kita untuk melakukan 5 latihan peregangan otot berikut ini.

1. Latihan peregangan pergelangan tangan

Pergelangan tangan adalah bagian yang penting dalam bermain bulu tangkis. Karena itu, sangat penting untuk melakukan latihan peregangan pergelangan dengan baik sebelum bermain bulu tangkis. Hal ini selain untuk menghindari cedera pergelangan tangan, juga akan meningkatkan performa Anda selama bermain bulu tangkis.

Untuk latihan peregangan pada pergelangan tangan, letakkan pergelangan tangan di depan dada dan kepalkan. Putar pergelangan tangan, pastikan lengan tidak ikut bergerak. Putar secara perlahan ke arah luar 10 kali, lalu putar ke arah dalam 10 kali. Dengan begitu, otot pergelangan tangan akan lebih siap untuk bergerak aktif selama permainan.

2. Latihan peregangan lengan

Lengan merupakan bagian yang paling aktif selama bermain bulu tangkis. Melakukan latihan peregangan pada lengan sebelum bermain bulu tangkis akan mempersiapkan otot lengan dan bahu untuk menghadapi tekanan selama bermain.

Latihan peregangan otot lengan dapat dilakukan dengan merentangkan kedua lengan dan memutar seluruh bagian lengan ke depan dan belakang. Anda dapat memutar kedua lengan bersamaan atau bergantian. Untuk melatih koordinasi lengan, Anda dapat melakukan latihan dengan melakukan peregangan pada kedua lengan sekaligus, tetapi kedua lengan masing-masing bergerak dengan arah yang berbeda.

3. Peregangan otot tubuh bagian bawah

Saat bermain bulu tangkis, otot pinggang, paha, dan kaki juga dituntut untuk selalu siap aktif bergerak dan kuat menerima tekanan. Karena itu, latihan untuk otot pinggang, paha, dan kaki sangat penting untuk dilakukan sebelum bermain bulu tangkis. Salah satu latihan peregangan yang banyak dilakukan untuk melatih otot tubuh bagian bawah sebelum bermain bulu tangkis adalah forward lunges. Latihan ini akan melatih mobilitas otot pinggang sehingga mengurangi resiko cedera saat bermain.

Untuk melakukan latihan peregangan ini, letakkan kaki kanan di depan kaki kiri sejajar dengan bahu. Kemudian tekuk kaki kanan dan turunkan badan hingga berat tubuh bertumpu pada kaki kanan. Pastikan kaki kiri tetap lurus dan badan tetap tegak serta busungkan dada. Ulangi latihan dengan kaki kiri di depan.

4. Latihan peregangan otot pergelangan kaki

Bermain bulu tangkis juga menuntut kaki kita untuk selalu aktif bergerak. Karena itu perlu dilakukan peregangan pada otot pergelangan kaki sebelum bermain bulu tangkis. Dengan melakukan peregangan ini, gerak kita akan lebih lincah selama bermain dan juga menghindari cedera otot kaki.

Untuk latihan peregangan otot pergelangan kaki, angkatlah salah satu kaki hingga lutut sejajar dengan pinggang. Kemudian gerakkan pergelangan kaki ke berbagai arah dengan mengikuti bentuk alfabet. Lakukan gerakan menyerupai huruf A, B, dan C, dengan pergelangan kaki. Lakukan secara bergantian pada kaki kiri dan kanan. Latihan ini akan meregangkan otot pergelangan kaki dan juga dapat meningkatkan mobilitas otot pergelangan kaki selama bermain bulu tangkis.

5. Latihan peregangan otot lutut

Latihan peregangan yang terakhir adalah untuk melatih kelenturan otot lutut. Saat bermain bulu tangkis, otot lutut sangat berperan penting untuk gerakan kita. Karena itu meregangkan otot bagian lutut harus dilakukan sebelum bermain bulu tangkis.

Latihan peregangan otot lutut dapat dilakukan dengan cara berdiri tegak, lalu bungkukkan tubuh hingga jari tangan menyentuh ujung jari kaki dengan menjaga punggung tetap lurus. Jika Anda sulit melakukannya, Anda dapat menekuk lutut Anda terlebih dahulu, namun pastikan punggung Anda tetap lurus. Saat jari tangan berhasil menyentuh jari kaki, luruskan lutut dengan perlahan sambil menjaga punggung tetap lurus. Rasakan peregangan kuat pada otot lutut Anda.

Selain peregangan otot, pastikan Anda juga melakukan pemanasan yang cukup sebelum bermain bulu tangkis. Latihan peregangan otot sebelum bermain bulu tangkis penting dilakukan untuk melatih otot dan juga mencegah terjadinya cedera selama bermain. (Adv)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here