5 Lagu Terbaik Ciptaan Maia Estianty, Sampai Dibeli Band Luar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA - Setelah lama tak berkarya di industri musik, Maia Estiany kini tengah fokus pada dunia bisnis. Istri konglomerat asal Surabaya, Irwan D. Musry, ini berkomitmen untuk berhenti dari dunia permusikan usai menikah. Meski demikian, image sebagai seorang musisi dengan karya-karya terbaik tentunya tetap akan melekat pada diri Maia yang berulang tahun ke-44 pada 27 Januari 2020 ini.

Sebelumnya, mantan istri dari Ahmad Dani ini telah dibesarkan namanya melalui projek duo yang dibuatnya. Sempat dua kali ganti nama dan tiga kali ganti personel, grup duo buatan Maia pun resmi dibubarkan pada tahun 2017.

Dalam perjalanan karir musiknya, Maia tak hanya bernyanyi. Ia juga sempat manjadi kibordis dan pencinpta lagu dari grup buatannya sendiri. Beberapa lagu ciptaannya pun sempat booming tak hanya di dalam negeri, bahkan juga di luar negeri. Dalam perjalanannya menjadi musisi, berikut adalah lima lagu terbaik yang pernah diciptakan oleh Maia Estianty.

1. Teman Tapi Mesra

Bagi generasi milenial, judul lagu ini tentunya tidak asing di telinga pada tahun 2005. ‘Teman Tapi Mesra’ merupakan single tersukses yang mampu melambungkan nama Maia dan Mulan menuju puncak kesuksesan. Tak hanya di Indonesia, lagu ini bahkan populer di Malaysia dan Singapura.

Lagu ini berhasil menjadi nada sambung nomor satu di Malaysia dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan di Indonesia, jumlah penjualan nada sambungnya saat itu mencapai lebih dari satu juta kopi.

Pada tahun 2009, sebuah band wanita asal Swedia bernama Ladylike membeli lagu ‘Teman Tapi Mesra’ ini dan merekam ulang dengan judul ‘Dreaming of the Time’.

2. Lelaki Buaya Darat

Setelah mendulang kesuksesan dengan lagu ‘Teman Tapi Mesra’, duo Ratu pun meluncurkan single kedua yang bertajuk ‘No. Satu’ dengan lagu andalan ‘Lelaki Buaya Darat’. Tak kalah populer, lagu ini juga berhasil mengantarkan duo Ratu mencetak rekor penjualan hingga 200.000 keping hanya pada hari pertama perilisannya.

Di balik kesuksesannya, lagu ini pernah mengalami pencekalan di Malaysia akibat liriknya yang dinilai berkonotasi negatif. Maia pun sempat ingin mengubah judul lagu tersebut menjadi  ‘Lelaki Kayu Tige’. Namun niatnya tersebut diurungkan dan pada akhirnya lagu tersebut pun tetap diputar oleh stasiun radio Malaysia.

3. Salahkah Aku Terlalu Mencintaimu

Lagu ini sempat menjadi hit di tahun 2003 dan mengantarkan duo Ratu menuju puncak ketenaran. Saking populernya, lagu ini pun kemudian dirilis ulang oleh juara X-Factor Indonesia musim pertama, Fatin Shidqia Lubis, pada tanggal 16 September 2016.

Lagu daur ulang tersebut pun menjadi single unggulan pertama yang akan masuk ke dalam album Y2Koustic. Album ini berisikan lagu-lagu hit di tahun 2000-an yang kemudian aransemen ulang dan dinyanyikan oleh generasi millenial. Album ini diterbitkan oleh Sony Music pada bulan Oktober 2016.

4. Pengkhianat Cinta

Bersama dengan rekan duet barunya, Mey Chan, Maia merilis album bertajuk ‘Sang Juara’ dengan lagu andalan ‘Penghianat Cinta’ . Lagu ini turut menampilkan artis pendatang baru untuk berduet, yaitu Cinta Laura.

Lagu cukup sukses di pasaran hingga memperoleh sertifikat Platinum. Lagu ini berhasil menduduki posisi satu di MTV Ampuh selama tiga minggu, dan juga posisi satu di Dahsyat selama 16 hari atau dua minggu.

5. Ingat Kamu

‘Ingat Kamu’ adalah singel debut pertama Maia setelah berpisah dari rekan lamanya Mulan Jameela. Maia menggaet partner baru bernama Mey Chan dan mengganti nama Ratu menjadi Duo Maia. Lagu ini dirilis pada tahun 2008 awal dalam album Maia & Friends.

Lagu ini merupakan debut yang sangat sukses karena berhasil menduduki peringkat satu di MTV Ampuh selama lima minggu dan di Dahsyat selama 14 hari atau dua minggu. Dengan kesuksesannya, lagu ini merupakan Song of The Year 2008 dari MTV Ampuh. (Marizke/R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini