(Foto: BUsh Heritage Australia)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pertaurus Breviceps atau Sugar Glider merupakan hewan mamalia berkantung (marsupial) yang berasal dari wilayah timur Indonesia, yakni Papua. Belakangan ini sugar glider banyak di minati oleh masyarakat. Bagaimana tidak, bentuk fisiknya yang kecil dengan wajah yang imut serta warna bulunya yang beragam dan unik menjadi daya tarik bagi para pecinta hewan khususnya yang hobi memelihara hewan.

Selain itu hewan ini juga memiliki cara perawatan yang cukup mudah dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya. Ya, Anda tak perlu repot-repot ke salon, sebab Anda dapat memandikannya sendiri. Bahkan Anda hanya membutuhkan tissue basah non alkohol untuk mengelap tubuhnya yang mungil.

Sugar glider merupakan salah satu hewan yang mudah bersahabat dengan manusia, jika kita sudah bisa bonding (menjinakkan) hewan ini, maka ia akan selalu menempel pada tubuh kita karena ia sudah bisa mengenali bau kita. Ia juga akan menganggap bahwa kita adalah saudaranya. Hewan ini juga sering disebut dengan pocket pet karena ukurannya yang masuk ke kantong saku.

Jika Anda tertarik untuk memelihara hewan yang satu ini, maka sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis dan juga harganya, jangan sampai Anda tertipu dengan sugar glider murah namun memiliki kualitas dan juga bentuk fisik yang buruk. Berikut Mata Indonesia rangkum 5 jenis sugar glider yang paling banyak diminati hingga saat ini.

  1. Classic grey

Sugar Glider jenis ini adalah yang paling sering ditemukan di Indonesia terutama di Papua. Jenis ini juga yang paling mudah di cari di pasaran, dikarenakan popularitasnya serta minat masyarakat yang kian hari semakin meningkat. Ciri-ciri dari classic grey yaitu memiliki warna bulu abu-abu dengan sedikit corak garis hitam yang melintang di bagian kepala sampai ekor. Classic grey juga dikenal lebih bersahabat jika dibandingkan dengan jenis sugar glider lainnya. Harganya pun cukup murah, untuk seekor sugar glider tipe classic grey dibanderol mulai dari 300 ribu Rupiah hingga 400 ribu Rupiah.

  1. Albino

Sesuai dengan namanya, sugar glider albino memiliki warna tubuh yang sama seperti hewan albino kebanyakan. Bulunya berwarna putih serta mata yang berwarna merah, karena sugar glider jenis ini memiliki kelainan pada pigmen. Jenis ini memiliki populasi yang sedikit dan jarang ditemukan di pasaran. Karena kelangkaan jenisnya membuat banyak orang memiliki minat yang cukup tinggi pada sugar glider albino. Maka tak mengherankan jika jenis ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Untuk satu ekor sugar glider albino dewasa mempunyai range harga 3,5 juta Rupiah hinga 6 juta Rupiah.

  1. White Face

Jenis yang satu ini memiliki bentuk fisik dan ciri yang hampir mirip dengan sugar glider classic grey, perbedaan keduanya terdapat pada bagian wajah, di mana wajah white face memiliki bulu berwarna lebih putih dan pada bagian matanya tidak ada lingkaran berwarna hitam tidak seperti classic grey. Karakter serta sifatnya pun juga tak jauh berbeda dengan classic grey yang mudah jinak dan ramah. Sugar glider jenis ini dibanderol mulai dari 500 ribu Rupiah hingga 1 juta Rupiah.

  1. Black Beauty

Sama seperti namanya, sugar glider ini memiliki warna bulu yang lebih gelap di antara jenis sugar glider lainnya. Menariknya ada gradasi antara warna hitam dan putih serta terdapat corak di bagian kepala. Meskipun berwarna gelap, hal itu tak lantas membuat kelucuan serta kegemasan sugar glider hilang. Bahkan peminat sugar glider ini pun sama banyaknya dengan jenis lainnya. Harga sugar glider jenis ini bervariasi, ada yang menjual dengan harga 5 juta Rupiah, 7 juta Rupiah, hingga 10 juta Rupiah.

  1. Mosaic

Jenis sugar glider mosaic memiliki ciri-ciri yaitu memiliki dominasi bulu berwarna putih dengan tambahan corak dan garis bewarna abu-abu muda pada bagian tubuhnya khususnya di bagian punggung. Jika dilihat lebih teliti, sugar glider ini memang memiliki warna dan pola yang abstrak dan cukup unik, dan hal itulah yang membuat sugar glider jenis ini menjadi salah satu jenis yang paling banyak diminati.

Untuk harga sugar glider jenis ini tergantung dari kepekatan warna putih pada tubuhnya, semakin luas dan banyak warna putih yang dimiliki maka akan semakin mahal. Seperti jenis low mosaic yang memiliki warna putih paling sedikit diberi harga 800 ribu Rupiah – 1 juta Rupiah, sedangkan mosaic yang cenderung memiliki warna putih cukup banyak harganya berkisar 1 juta Rupiah hingga 1,5 juta Rupiah.

 

Reporter: Dhelana Unggul Parastri

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here