5 Jenis Anjing yang Digarap menjadi Film

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Anjing seringkali menjadi objek dalam sebuah tayangan. Film, iklan, bahkan sirkus merupakan wadah bagaimana anjing tergambar secara luas, bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini jenis anjing paling terkenal di dunia hingga kemudian di adaptasi menjadi sebuah film layar lebar.

  1. Beagle

Kita akan melihat animasi anjing beagle pada film “Snoopy, Come Home!” yang rilis tahun 1972. Bercerita tentang seekor anjing beagle bernama Snoopy, yang berpetualang bersama pemiliknya yang bernama Lila.

Ukuran anjing beagle boleh mungil, namun mereka merupakan anjing pemburu lho. Rata-rata bobot jantan antara 10-11 kg dan betina 9-10 kg. Mereka terbagi menjadi empat, yakni kerdil, sedang, beagle rubah, dan beagle terrier. Umumnya beagle berwarna putih, hitam, dan kuning kecokelatan, serta memiliki telinga yang panjang.

Tubuh mereka berotot dan penciumannya tajam, sehingga badan pelacak hukum bisa memanfaatkannya sebagai anjing pelacak. Jika dirawat dengan baik, maka anjing ini bisa bertahan antara 12 hingga 15 tahun.

  1. Chihuahua

Anjing Chihuahua menjadi sangat terkenal sejak kemunculannya di film “The Beverly Hills Chiuahua.” Film yang diproduksi Walt Disney Pictures tahun 2008 itu bergenre komedi-action. Bercerita tentang seekor anjing Chihuahua bernama Chloe yang diculik di Meksiko dan berusaha untuk melarikan diri. Film ini juga punya sekuel hingga seri ketiga.

Jenis anjing kecil ini berasal dari ras terkecil, sebab bobotnya hanya 1,5-3 kg! Bahkan ketika masih puppy atau anak-anak, mereka lebih mirip dengan hamster.

Telinganya berdirinya tegak dan wajahnya pipih. Bulunya pendek dan tipis. Variasi warnanya ada yang hitam, putih, cokelat, krem dan kuning. Meski kecil, mereka begitu berani, lincah, setia, siaga, cepat, dan taat. Selain itu, masa hidupnya cenderung panjang, antara 12 sampai 20 tahun.

  1. Siberian Husky

Jika ingin menonton film bertema anjing, film “Eight Below” yang tayang tahun 2006 adalah salah satunya. Film ini menceritakan seorang guide dalam suatu riset di Antartika yang terpaksa meninggalkan delapan anjing Siberian Husky akibat cuaca buruk.

Sekilas, anjing ini mirip serigala. Bulunya tebal dan ia mampu melolong. Namun, penampilan sangarnya justru tidak terbukti. Anjing ini sama sekali tidak ganas, bahkan bisa sangat bersahabat, meskipun terhadap orang asing.

Dulu anjing ini difungsikan untuk menarik kereta salju. Selain kuat dan larinya cepat, mereka memang tahan terhadap cuaca dingin. Mereka juga cerdas, lembut serta aktif.

Siberian Husky jantan memiliki berat antara 20-27 kg, sedangkan yang betina antara 16-23 kg. Mereka bisa berwarna hitam, putih, belang-belang, cokelat kemerahan, perak dan warna tembaga. Harapan hidup anjing ini antara 12-15 tahunan.

  1. Buldog/ Bulldog

Dalam serial TV berjudul “Modern Family,” bulldog memainkan peran sebagai Stella. Ia menjadi bulldog pertama yang memenangkan penghargaan Golden Collar mengalahkan anjing-anjing lain.

Bulldog juga salah satu maskot yang paling populer digunakan oleh perguruan tinggi dan tim olahraga. Uga yang merupakan maskot dari University of  Georgia menjadi salah satu maskot yang terkenal di dunia

Anjing Buldog dikenal sebagai anjing petarung atau anjing adu, bahkan lawannya bisa saja berupa banteng atau sapi liar. Tak ayal kalau anjing bertubuh gempal sekaligus kekar ini begitu tangguh dan agresif. Berat badan anjing jantan antara 23-25 kg, sementara yang betina 18-23 kg.

Buldog menjadi salah-satu ras tertua. Mereka hadir dengan warna cokelat kekuningan, putih, kuning kecokelatan, dan belang-belang. Dalam sejarah militer Inggris, anjing inilah yang menjadi simbol keberanian dan ketangguhan mereka. Namun kini mereka lebih familiar dengan lingkungan perumahan. Harapan hidupnya antara 8-10 tahun.

  1. Dalmatian

Jenis anjing dalmatian sangat populer karena warnanya yang khas. Menjadi objek utama dalam  Film berjudul “101 Dalmatians” yang rilis tahun 1996. Dalmation memiliki warna yang khas, yakni warna dasar putih dengan bintik-bintik hitam.

Nama Dalmatian sendiri terinspirasi dari asal anjing, yakni Provinsi Dalmatia yang berada di Kroasia. Anjing jantan berukuran umumnya memiliki beran badan 15-23 kg dan yang betina antara 16-24 kg.

Dalmatian juga agresif dan temperamental. Namun pada dasarnya mereka begitu ramah, sensitive, dan energik. Sehingga banyak yang tertarik memeliharanya. Mereka bisa menjadi penjaga, pemburu, bahkan retriever andal. Masa hidupnya sendiri antara 10-13 tahun.

 

Reporter : Karina Siahaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini