5 Hal Positif yang Diperoleh, Ketika Punya Hewan Peliharaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hai gaes, ternyata selain untuk menyalurkan hobi, punya hewan peliharaan juga baik untuk kesehatan mental lho!

So, binatang peliharaan seperti anjing, kucing, ikan, maupun hewan lainnya, bisa jadi sumber hiburan dan kenyamanan bagi pemiliknya.

Berikut 5 manfaat punya hewan peliharaan :

1. Mengurangi stres

Binatang peliharaan bisa mengurangi stres karena tingkah polahnya yang lucu. Hanya dengan melihatnya, membelai, duduk di samping, atau bermain trik dengan mereka juga membantumu untuk bersantai dan lebih rileks.

Bahkan melihat ikan cupang berenang sembari mengamati ekornya yang meliuk-liuk bisa menurunkan tekanan darah dan meredakan stres.

2. Mengusir kesepian

Binatang peliharaan bisa jadi sahabat kamu dalam kondisi apa pun dan berharga untuk jangka waktu yang lama. Misalnya, anjing yang dikenal sebagai hewan penyayang dan setia.

Kamu tak perlu khawatir kesepian lagi dan merasa tak punya dukungan. Meski mereka tak bisa bicara, tapi hewan peliharaan yang punya ikatan emosional kuat dengan pemilik bisa turut merasakan perasaanmu.

3. Mendorong bersosialisasi

Hewan peliharaan menciptakan peluang berinteraksi sosial lebih baik terutama jika kamu bergabung dalam klub pencinta binatang atau menghadiri acara pameran binatang.

Pergi ke acara pet-friendly, pantai, atau sekadar jogging di taman bisa membantu meningkatkan jejaring sosial kamu dengan orang-orang yang punya minat sama.

4. Memberikan rutinitas

Hewan peliharaan pasti butuh makan, mandi, perawatan, dan jalan-jalan agar tidak stres. Dengan demikian, kamu jadi punya tanggung jawab untuk merawat mereka.

Merawat hewan peliharaan selain sebagai tujuan dan motivasi hidup, juga bisa jadi hadiah bagi diri sendiri jika kamu berhasil merawatnya dengan baik, serta membuat dirimu sendiri merasa lebih berharga dan dibutuhkan.

5. Meningkatkan kebugaran

Misalnya jika kamu memelihara anjing, tentu mereka butuh berjalan dan berlarian secara teratur agar tak stres. Aktivitas ini tentu juga baik untuk kesehatan fisik dan mental pemiliknya yang lebih baik.

Kamu bisa menggunakan waktu luang untuk berjalan-jalan sambil bermain dengannya untuk meningkatkan kebugaran dan memaksimalkan waktu di luar rumah. Ini dapat jadi cara untuk meningkatkan relaksasi.

Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini