5 Film Tentang Emansipasi Perempuan yang Bisa Kamu Tonton di Hari Kartini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Nah, buat membangkitkan semangat di hari Kartini ini sekaligus menambah wawasan tentang sejarah, coba deh tonton kembali 5 film Indonesia berikut ini.

Perempuan Berkalung Sorban

Rilis tahun 2009, pasti banyak di antara kamu yang sudah menonton film ini ya gaes. Dibintangi Revalina S. Temat, film ini bercerita tentang seorang perempuan tangguh yang lahir dan dibesarkan di tengah lingkungan pesantren konservatif. Melihat kaum perempuan di lingkungannya diperlakukan tak adil, sosok Annisa yang diperankan Revalina pun akhirnya mencoba melawan ketidakadilan yang ada.

Sokola Rimba

Film garapan sutradara Riri Riza ini juga tak kalah inspiratif. Film ini diangkat dari kisah nyata yang diambil dari perjuangan berat sosok aktivis Butet Manurung. Dalam film ini diceritakan bagaimana Butet yang diperankan Prisia Nasution berjuang mengajarkan baca, tulis dan berhitung pada bocah-bocah Suku Anak Dalam di Jambi.

Nyai Ahmad Dahlan

Film ini berkisah tentang istri Kyai Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. Dirilis pada 2017 silam, film tersebut menggambarkan bagaimana perjuangan Nyai Ahmad Dahlan yang berani menolak adat kawin paksa.

Kartini

Dibintangi Dian Sastrowardoyo, film ini bercerita tentang sosok RA Kartini yang berjuang melawan tradisi-tradisi yang tidak menguntungkan kaum perempuan di Jawa. Film ini mengupas banyak hal menarik seputar Kartini dan perjuangannya yang penting untuk diketahui gaes.

3 Srikandi

Tak kalah kerennya, film 3 Srikandi bercerita tentang tiga atlet panahan yang berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Di tengah perjuangannya sebagai atlet Indonesia, ketiganya dihadapkan pada banyak persoalan perempuan.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini