Film Dilan 1991
Film Dilan 1991

MINEWS, JAKARTA – Yay! Akhirnya sekuel film Dilan 1991 bakal segera tayang di bioskop. Pada hari Minggu 24 Februari 2019 ini, Dilan 1991 telah melakukan gala premier di kota kembang, Bandung.

Euforia jelang pemutaran film Dilan 1991 semakin terasa dengan gencarnya promosi para pemain film di berbagai media tanah air. Bahkan, trailer film Dilan 1991 ini telah ditonton lebih dari 13 juta kali sejak diluncurkan pada Kamis 17 Januari 2019 lalu.

Sebelum kamu nonton filmnya, mending baca dulu beberapa fakta unik dari film Dilan 1991 ini, yuk simak berikut ini.

  1. Dilan Day

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, telah menetapkan Hari Dilan atau Dilan Day yang jatuh pada hari ini, 24 Februari 2019.

Pada Hari Dilan juga akan digelar gala premier film Dilan 1991 yang telah dinantikan oleh penontonnya. Bahkan di penjualan tiket online, tiket bioskop film Dilan 1991 yang dijual khusus dengan harga Rp 10 ribu telah ludes terjual habis.

Di Hari Dilan, para pemain film Dilan 1991 pun akan meramaikan lima bioskop yang ada di Bandung dan menyapa setiap penonton yang telah hadir menonton film Dilan 1991. Terbukti pada hari ini, para pemain Dilan 1991 terlihat berkeliling Bandung dikawal ribuan motor.

2. Game Dilan

Kisah Dilan juga muncul game Dilan di Android yang dikembangkan oleh Agate dengan CIAYO Games. Game Dilan dapat dimainkan melalui aplikasi platform CIAYO Stories, diangkat dari cerita novel Dilan: Dia Adalah Dilanku 1990 dan Dilan: Dia Adalah Dilanku 1991.

Kolaborasi Agate, CIAYO, dan Pidi Baiq mencakup pengembangan mesin, konten hingga ke jalinan cerita. Pemain akan berperan menjadi Milea dan menentukan alur cerita dalam permainan ini. Pemain juga dapat menentukan jalinan peristiwa yang terjadi antara Dilan dan Milea, seperti dijelaskan Agate dalam keterangan resmi, seperti dilansir Antaranews.com.

Game Dilan memiliki fitur dress up, pemain bisa mendandani Milea sesuai dengan interpretasi pemain. Pengembang juga membuat fitur ilustrasi istimewa yang dapat dikoleksi setelah mencapai beberapa adegan.

Ada juga poin afeksi yang akan bertambah jika pilihan-pilihan cerita mendapatkan reaksi dari Dilan. Ilustrasi tersebut secara otomatis akan masuk ke album. Game Dilan akan dirilis pada Minggu 24 Februari 2019 berisi lima episode dari Dilan 1990 dan 10 cerita dari Dilan 1991, bertepatan dengan peluncuran film “Dilan 1991”.

3. Taman Dilan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilmembangun taman dengan nama tokoh utama di Film Dilan. Taman Dilan akan dibangun di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Saparua, Citarum, Bandung.

Dalam konferensi pers di rumah dinasnya di Bandung, Minggu, 10 Februari lalu, Ridwan Kamil mengatakan, Taman Dilan itu ia dirikan sebagai bentuk dedikasi karena besarnya dampak dan pengaruh dari tokoh Dilan untuk Kota Bandung. Dilan adalah karakter fiksi dari novel karya Pidi Baiq, yang kemudian diangkat ke dalam sebuah film. Dalam fiksi itu, Dilan dikisahkan sebagai panglima sebuah geng motor yang tampan, pintar, urakan, namun romantis.

4. Bandung jadi kotanya Dilan

Dilan dan kota Bandung, benar-benar nggak bisa dipisahkan. Tak mengherankan di 24 Februari 2019 ini, Bandung lagi ‘demam’ Dilan Day. Tak hanya semua bioskop di Bandung penuh sama film Dilan 1991 aja, tapi para pemain Dilan 1991 juga terlihat mengunjungi Bandung.

Para pemain Dilan 1991 juga bahkan mengunjungi rumah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Tak hanya itu, para pemain Dilan 1991, termasuk Si Dilan yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, turut hadir di Cihampelas Walk (Ciwalk) Kota Bandung untuk bertemu dengan para penggemarnya Minggu (24/2/2019).

Acara meet and greet itu juga dibarengi dengan peletakan batu pertama pembangunan (groundbreaking) Dilan Corner di Taman Saparua, Bandung, Minggu (24/2/2019). Tak hanya para pemain saja, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya turut hadir.

Premier film Dilan 1991 ini juga dilakukan hari ini di Bandung, tiketnya dijual cukup murah yaitu Rp 10.000 saja loh.

5. Gombalan Dilan yang kerap jadi trend

Lewat trailer filmnya itu, beberapa gombalan dari tokoh Dilan untuk Milea mewarnai sebagian besar trailer yang berdurasi 2 menit 19 detik. Gombalan ala Dilan ini kerap menjadi trend tersendiri di kalangan netizen Tanah Air.

“(Ciumnya) Mau diwakili, atau langsung?”, itu merupakan salah satu gombalan Dilan yang tampil di trailer film yang sudah dirilis beberapa bulan lalu. Bakal ada banyak gombalan ala Dilan lainnya yang tampil di film Dilan 1991. Bisa banget kamu coba. (Tisa)