5 Fakta Keren Film Animasi ‘Soul’ Karya Sutradara ‘Inside Out’

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah batal tayang di layar lebar pada pertengahan 2020 lalu. Soul, film animasi buatan Pixar akhirnya hadir di Disney+ pada 25 Desember 2020.

Tentunya, film ini menyajikan cerita dan animasi yang berbeda dari karya-karya Pixar sebelumnya. Soul memang menjadi film salah satu yang paling ditunggu tahun ini.

Apalagi, film ini digarap oleh Pete Docter yang sebelumnya sukses bikin kamu terenyuh dengan Inside Out, Up, dan Monsters, Inc.

Punya visual unik dan cerita yang filosofis, simak, yuk, fakta-fakta keren tentang film Soul, berikut ini.

1. Ide cerita film ini terpikirkan sejak 23 tahun lalu.

Ketika itu, anak sang sutradara baru lahir. Saat menyambut kelahiran anaknya, Pete Docter berpikir bagaimana seorang bayi sudah punya kepribadian bawaan.

“Kita semua terlahir unik dengan rasa spesifik yang sudah kita bawa dalam diri kita,” kata Pete.

Karena hal itulah Pete mencoba menggambarkan, apa yang membuat kamu menjadi “kamu” yang sekarang.

2. Sinopsis Soul

Soul bercerita tentang Joe Gardner yang suaranya diisi oleh aktor Jamie Foxx. Ia adalah seorang guru musik SMP yang sangat mencintai jazz.

Suatu ketika, Joe mendapat tawaran untuk tampil bersama seorang musisi jazz hebat. Namun, sebuah insiden membuatnya koma.

Saat sadar, Joe mendapati dirinya di sebuah dunia asing yang disebut The Great Before. Sebuah tempat di mana para jiwa mendapat kepribadian dan minatnya terhadap sesuatu sebelum pergi ke bumi. Di sana, ia bertemu dengan jiwa yang bernama 22.

Berbeda dengan Joe yang sangat antusias dengan kehidupannya sebagai manusia, 22 tidak tertarik sama sekali, lho, dengan kehidupan di bumi. Untuk bisa kembali ke tubuh manusianya, Joe pun dibantu 22.

3. Alasan di balik angka 22

Dalam Soul, para jiwa ini dipanggil dengan sebutan nomor. 22 merupakan jiwa yang akan menemani petualangan Joe Gardner dalam film ini. Kenapa ya, dipilih angka 22?

Sebagian besar mereka itu angkanya, sudah seperti 108.000.076.222. Tapi, 22 sudah sangat lama berada di sana (The Great Before), jadi namanya ya hanya 22. Dia gak mau pergi ke bumi,” jelas Pete Docter, sang sutradara.

4. Di balik adegan jiwa yang tersesat

The Great Before menampilkan sebuah gambaran menarik tentang dunia tempat para jiwa tinggal sebelum mengisi raga manusia. Kalau kamu sudah menontonnya, ada tempat kelam di mana para jiwa tersesat. Ternyata, adegan ini punya makna yang filosofis banget, lho.

“Jiwa yang tersesat di sini digambarkan seperti sesuatu yang diselimuti debu, gumpalan, gundukan. Idenya adalah setiap orang punya tujuan dalam hidup, apa pun itu, tapi sebagian orang bisa kehilangan atau tersesat,” kata Pete.

5. Salah satu animator Soul juga ada yang berasal dari Indonesia, lho! Ia adalah Paulie Alam.

Ia bekerja sebagai animator dalam film Soul. Awalnya ia diberikan tanggung jawab sebagai animator kerumunan. Ia harus menganimasi kerumuman yang akan kamu lihat di kota (orang-orang dan burung-burung merpati).

Kemudian, Paulie pun dipromosikan jadi animator untuk tengah film dan dapat kesempatan untuk membuat animasi beberapa karakter.

Nah, gimana? Keren banget kan konsep film animasinya? Ada anak bangsa yang berkereasi di sana pula. Bisa jadi film spesial Natal 2020, nih. Jangan lewatkan film animasi Soul, ya!

Reporter: Indah Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini