Andi Arief

MINEWS, JAKARTA – Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief, ditangkap polisi karena mengkonsumsi sabu-sabu. Andi diamankan di sebuah kamar nomor 1214 di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat pada Senin 4 Maret 2019.

Sebenarnya, apa sih bahayanya mengkonsumsi barang haram tersebut?

Setidaknya, ada lebih 20 efek buruk yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi sabu-sabu. Namun ada 5 efek paling tampak dan berbahaya karena sabu, baik mental ataupun fisik. Berikut penjelasannya.

1 Mudah Tersinggung

Efek berbahaya bagi mental pemakai sabu seperti Andi Arief adalah mudah tersinggung. Ibaratnya, pengguna sabu tidak bisa diajak bercanda dan berkomunikasi santai, bawaannya marah dan tersinggung.

2. Depresi

Boleh dibilang, depresi adalah efek sabu yang terburuk karena membuat pemakaianya kesulitan untuk tidak mengkonsumsi kembali. Pemakai sabu akan mengalami depresi saat tidak ada sabu di hadapannya, dan lantas berusaha dengan berbagai cara untuk mendapatkan barang tersebut.

3. Halusinasi

Masalah mental lainnya adalah halusinasi. Konsumsi sabu akan membuat orang berlebihan dalam berkhayal sehingga khayalannya tampak nyata, padahal sebenarnya tidak ada.

4. Imunitas Menurut

Dampak kesehatan fisik yang terasa akibat nyabu adalah imunitas atau sistem kekebalan tubuh mulai menurun. Efek selanjutnya, pecansu sabu akan mudah terserang virus atau berbagai macam penyakit yang berujung komplikasi.

5. Stroke

Pengguna sabu pasti mengalami kondisi tekanan darah yang tinggi. Dalam keadaan tertentu, tekanan darah yang berlebihan ini akan berujung stroke, lalu menjadi lumpuh.