5 Brand Asal Indonesia yang Disorot Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagai masyarakat Indonesia, kita patut berbangga kalau banyak produk buatan lokal yang sudah malang melintang di dunia internasional. Ini menjadi bukti bahwa produk-produk dalam negeri tak kalah saing dengan produk-produk luar negeri.

Berikut daftar 5 brand Indonesia yang menjadi sorotan dunia internasional versi Mata Indonesia News :

1. Indomie
Selama puluhan tahun, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) telah memproduksi aneka makanan dan minuman untuk masyarakat Indonesia. Namun salah satu yang paling dikenal adalah Indomie.

Sejak 1972, perusahaan ini diketahui telah aktif menyuplai Indomie bahkan sampai menguasai semua pasar makanan instan. Bahkan kini Indofood telah mengukuhkan dirinya sebagai produsen mie instan terbesar di dunia.

Dengan 16 pabrik, sebanyak 15 miliar bungkus Indomie diproduksi setiap tahunnya. Tidak hanya di Indonesia, Indomie pun diekspor ke lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Pasar-pasar kunci ekspor Indofood antara lain Australia, Irak, Papua Nugini, Hong Kong, Timur Leste, Yordania, Arab Saudi, Amerika Serikat, Selandia Baru, Taiwan, dan negara-negara lainnya di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

2. Kacang Dua Kelinci

Sejak tahun 2011, Kacang Dua Kelinci sudah menorehkan sejumlah prestasi. Mulai dari sponsor resmi klub sepak bola, hingga menjadi salah satu produsen makanan terintegrasi di Indonesia.

Produk yang dihasilkan pun tak sebatas kacang kulit saja, namun juga pilus, mixed nuts, sampai koro. Dari namanya yang kian harum itu, kini kacang Dua Kelinci pun sukses menjadi kacang favorit masyarakat dari belahan dunia lain.
Negara-negara yang menjadi langganan ekspor produk ini adalah Australia, Cina, Saudi Arabia, Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.

3. Kopiko

Permen yang memiliki rasa kopi ini juga tak kalah populer di luar negeri. Kopiko terbuat dari biji kopi terbaik yang membuat rasanya begitu nikmat. Perlahan namun pasti, ketenaran Kopiko semakin tak bisa dipandang sebelah mata.

Lewat permen kopinya itu, ada lebih dari 50 negara yang sudah berhasil ditembus Mayora Group. Di antaranya Belanda, Jerman, Australia, Thailand, Malaysia, Filipina, Meksiko, Arab Saudi, Polandia, sampai Afrika Selatan.

4. Tolak Angin

Jamu cair racikan PT Sido Muncul ini ternyata tak hanya laris manis di dalam negeri, namun cukup dikenal di luar negeri. Tolak Angin dibuat dengan racikan homemade yang resepnya tak pernah berubah, tepatnya sejak 1951 hingga sekarang.

Bahan-bahannya diambil dari rempah alami seperti biji adas, kayu ules, jahe dan daun cengkeh yang bis menghangatkan badan. Kini, Tolak Angin semakin apik bersaing di kancah internasional.

Produk dengan tagline “Orang Pintar Minum Tolak Angin” itu pun sudah beredar negara seperti Hong Kong, Australia, Belanda hingga Amerika Serikat.

5. J.Co Donuts & Coffee

Perusahaan donat yang dikenal dengan nama J.CO Donuts ini ternyata didirikan oleh Johny Andrean Group. Sosok yang lebih dikenal sebagai pemilik salon itu mendirikan J.Co pada tahun 2005.

Meski termasuk baru, produk ini berhasil menyaingi saingannya terdahulu seperti Dunkin Donuts dan Krispy Kreme. Bahkan J.Co sempat hampir ‘dibajak’ oleh Malaysia, saking rasa donat produksinya yang begitu nikmat hingga menyedot banyak penggemar baru.

Tidak hanya merajai negara sendiri, J.Co diketahui sudah melebarkan sayapnya ke beberapa negara. Antara lain Singapura, Malaysia, bahkan Cina. Ada 11 cabang di Malaysia, 18 di Filipina, empat di Singapura, dan dua di Cina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini