5 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp yang Dapat Dijadikan Alternatif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seperti yang kita ketahui WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang popular di dunia. Pasalnya, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menampilkan berbagai macam fitur. Namun, kebijakan baru yang muncul pada Januari 2021 membuat sejumlah orang beralih.

Kebanyakan orang tak ingin membagikan data pribadinya dengan Facebook. Maka, mereka beralih untuk menggunakan aplikasi chatting lainnya yang tersedia baik untuk pengguna Android maupun Ios. Dilansir dari Cermati, berikut, aplikasi chatting alternatif selain WhatsApp.

1. Telegram

Aplikasi yang satu ini dijadikan pilihan untuk beralih dari WhatsApp mengenai kebijakan barunya. Selain itu, aplikasi ini mempertimbangkan privasi dan keamanan komunikasi onlinenya.

Telegram adalah solusi perpesanan yang data penggunanya di enkripsi oleh pihaknya. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, Telegram akan mengakses dan menyimpan info kontak, kontak, serta ID pengguna. Dapat dikatakan Telegram lebih aman daripada WhatsApp karena menggunakan protokol MTProto.

2. Viber

Viber dapat dijadikan salah satu aplikasi alternatif, sebab aplikasi ini fiturnya hampir sama dengan WhatsApp. Selain itu, perusahaan telah memastikan bahwa setiap pengguna memiliki kunci kriptografi individu yang terkait dengan perangkatnya, sehingga para penggunanya dapat memanfaatkan lapisan keamanan tambahan.

Adapun fitur yang membuat Viber patut dicoba, yakni memiliki fitur secret chat sehingga pesan rahasia antara teman akan terjaga aman. Sebab, setiap pesan yang dikirimkan akan terhapus dalam waktu yang sudah ditentukan.

3. Line

Line merupakan aplikasi chatting yang dibuat oleh Jepang. Aplikasi ini menjadi tempat chatting favorit anak muda. Sebab, selain berbagi foto, pesan, video lokasi dan pesan, Line menyediakan fitur stiker yang sangat menarik serta lucu-lucu.

Lalu, aplikasi ini juga dapat melakukan voice note atau video call melalui PC atau smartphone. Adapun izin aplikasi agar dapat menggunakan Line, yakni kamera, kontak, lokasi, mikrofon, penyimpanan dan telepon yang perlu persetujuan dari penggunanya.

4. Signal

Signal merupakan aplikasi chatting yang dirancang sejak 2014. Setelah itu, di tahun 2020 signal sudah semakin canggih dengan penambahan fitur panggilan suara dan video di aplikasi versi PC dan iPad.

Untuk keamanan para penggunanya tak perlu khawatir, sebab pengelola hanya meminta nomor telepon pengguna. Ini tentunya menjadi satu-satunya data pengguna yang diminta.

Sementara data lain seperti, pesan, stiker dan lainnya yang dikirim sesama pengguna perusahaan tidak mengetahuinya. Lalu, aplikasi ini kemungkinan untuk disadap sangat kecil.

5. Skype

Untuk aplikasi yang satu ini mungkin lebih dikenal fitur video callnya. Pasalnya, Skype juga memiliki fitur chatting yang dapat dimanfaatkan untuk mengirim pesan text.

Dengan Skype, penggunanya dapat berbagi foto dan audio, melakukan panggilan telepon, serta group video call. Skype juga menggunakan End-to-end encryption untuk menjaga privasi pengguna yang melakukan percakapan sensitif.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini