5 Aplikasi Akurat Deteksi Datang Bulan, Kaum Hawa Wajib Punya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lazimnya perempuan mengalami datang bulan atau menstruasi satu bulan sekali atau setiap 28 hari. Tetapi, teori itu tidak selalu berlaku.

Menstruasi malah bisa terjadi lebih cepat atau lebih lambat karena dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti hormon, aktivitas fisik hingga perubahan berat badan yang tiba-tiba.

Nah, untuk membantu memprediksi jadwal menstruasi dan masa subur, kaum hawa perlu memiliki aplikasi berikut ini yang bisa diunduh pada Google play atau Apple store.

1. Clue
Clue pernah meraih penghargaan sebagai “Best Fertility Apps 2019” dari Healthline. Apakah Clue memang sebagus itu? Dengan Clue, kamu bisa melacak menstruasi, ovulasi dan kesuburan. Kamu juga bisa mencatat gejala, deras atau tidaknya darah yang keluar serta perubahan suasana hati saat haid.

Aplikasi Clue

Ada pula artikel seputar menstruasi dan akan menjawab gejala yang kita alami. Sehingga, kamu bisa mendapatkan penjelasan yang akurat. Kamu juga bisa mendapatkan pengingat kapan harus minum pil KB, supaya tidak lupa. Semua fitur lengkap ini bisa kamu dapatkan hanya dengan log-in di aplikasi. Mudah dan simpel!

2. Flo Period Tracker

Bisa dibilang, Flo Period Tracker adalah aplikasi pelacak menstruasi paling populer. Di Google Playstore, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali sejak dirilis pada 12 April 2016 lalu. Dengan Flo Period Tracker, kamu bisa memprediksi jadwal menstruasi. Selain itu, kamu bisa mengetahui waktu ovulasi atau masa subur dengan kalkulator kesuburan.

Flo Period Tracker

Bahkan, perempuan dengan jadwal menstruasi tidak teratur pun bisa mendapatkan prediksi yang akurat. Flo Period Tracker juga berguna untuk mencatat perkembangan kehamilan. Kita juga bisa mencatat suasana hati, aktivitas seks, gairah seks, gejala PMS, durasi tidur dan konsumsi air harian. All in one!

3. Mia

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh aplikasi Mia. Misalnya, mengetahui kapan datangnya haid, melacak siklus menstruasi, ovulasi, kesuburan dan PMS. Kamu pun bisa mengetahui peluang tinggi atau rendahnya kehamilan di hari-hari tertentu berkat Mia. Tak hanya itu, kamu bisa mencatat gairah seks, suasana hati, berat badan dan suhu basal dengan aplikasi ini.

Aplikasi Mia

Perkaya wawasanmu dengan membaca artikel seputar kesehatan perempuan yang ditulis oleh ginekolog, ahli gizi dan psikolog. Menariknya, kamu bisa mencatat berapa banyak air yang kamu minum setiap hari, sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi lain dan lebih menghemat ruang penyimpanan di ponsel.

4. Glow

Apa saja fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Glow? Di sini, kamu bisa melacak siklus menstruasi, mengetahui masa ovulasi atau masa subur, sehingga sukses untuk hamil. Yang bikin beda, kamu bisa bergabung dengan komunitas online untuk berbagi ilmu dan berbincang dengan perempuan lain. Terdengar seru, kan?

aplikasi glow

Kamu juga bisa mencatat gejala saat PMS dan membandingkannya dengan PMS di bulan sebelumnya. Itulah mengapa Glow bisa meraih lebih dari satu juta unduhan di Google Playstore sejak 23 Januari 2014. FYI, pengembang Glow Inc juga membuat aplikasi bernama Nurture untuk kehamilan dan Baby untuk mencatat tumbuh kembang bayi.

5. Lunar

Masih bingung, kira-kira kapan jadwal menstruasi selanjutnya? Temukan jawabannya dengan mengunduh aplikasi Lunar! Di sini, kamu bisa memprediksi menstruasi, melacak ovulasi dan masa subur. Lunar bertindak layaknya jurnal, kamu bisa mencatat kondisi kesehatanmu setiap hari.

Aplikasi Lunar

Dengan Lunar, kamu bisa mengetahui kapan hari yang tepat untuk berhubungan seks supaya tidak hamil. Atau justru, kamu bisa memilih hari terbaik untuk program kehamilan, jika kamu dan pasangan ingin punya anak. Selain itu, ada komunitas sosial di mana kamu bisa melakukan tanya-jawab seputar kesehatan dan organ reproduksi perempuan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Percepatan Pembangunan Pusat Pemerintahan Papua Tengah

Pembangunan pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah berpola grand smart city terus dipercepat, dengan desain berbentuk burung cenderawasih serta lengkap...
- Advertisement -

Baca berita yang ini