4 Suplemen yang Harus Dikonsumsi Wanita Pengidap PCOS

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir, kasus polycystic ovarian syndrom (PCOS) telah meningkat secara dramatis di seluruh dunia.

Kondisi hormonal yang mempengaruhi 1 dari 5 (20 persen) wanita usia subur di India telah menjadi alasan umum untuk masalah reproduksi dan kesuburan.

PCOS memang merupakan kondisi kesehatan yang serius tetapi bukannya tidak dapat dikendalikan. Mengambil diet yang terencana, dikemas dengan semua nutrisi penting dapat menyeimbangkan hormon dan menjaga sistem internal bekerja.

Ada 4 nutrisi spesifik yang penting bagi mereka yang berurusan dengan PCOS. Nutrisi ini ditemukan dalam makanan, tetapi untuk memastikan asupan yang cukup, seseorang dapat memilih suplemen.

Namun, dosis suplemen tergantung pada kondisi tubuh masing-masing, untuk itu sangat perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Inositol atau Myo-inositol

Inositol atau tepatnya dikenal sebagai Myo-inositol adalah zat mirip vitamin yang ditemukan di beberapa tumbuhan dan hewan. Mereka bahkan dapat dibuat secara artifisial di laboratorium.

Secara alami ditemukan dalam melon, buah jeruk, kacang-kacangan, beras merah, jagung dan biji wijen, dan dedak gandum, suplemen vitamin ini dapat membantu mengobati berbagai kondisi medis, termasuk gangguan metabolisme dan suasana hati.

Dalam kasus PCOS, ini membantu meningkatkan fungsi ovarium dan menormalkan menstruasi, sehingga lebih mudah untuk hamil.

Omega 3

Omega-3 adalah asam lemak esensial dan termasuk dalam keluarga lemak tak jenuh ganda. Asupan asam lemak omega-3 secara teratur dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan seperti pengurangan risiko penyakit radang dan depresi.

Pada pasien PCOS, ini membantu meningkatkan metabolisme glukosa dan meningkatkan leptin, yang pada akhirnya mengurangi rasa lapar dan menghasilkan penurunan berat badan.

Sumber alami omega-3 yang kaya termasuk minyak ikan, ikan berlemak, minyak biji rami, dan kenari.

Kromium

Kromium adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk metabolisme gula dan lemak. Ini mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Asupan harian yang direkomendasikan dari nutrisi ini dibatasi hingga 50 hingga 200 mg. Namun, mineral ini ditemukan dalam dosis rendah di banyak makanan, sehingga kebanyakan orang mengandalkan suplemen. Beberapa sumber alami kromium termasuk kerang, brokoli, dan kacang-kacangan.

N-asetilsistein (NAC)

Acetylcysteine ​​​​, juga dikenal sebagai N-acetylcysteine ​​​​adalah bentuk suplemen dari asam amino sistein, yang digunakan oleh tubuh untuk membangun antioksidan.

Ini membantu meningkatkan kesuburan dan mengurangi resistensi insulin pada wanita yang menderita PCOS.

Nutrisi ini dapat ditemukan secara alami dalam kacang-kacangan, lentil, bayam, pisang, salmon, dan tuna.

Tetapi kebanyakan orang memilih suplemen untuk meningkatkan asupan sistein mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini