4 Bahaya Makan Gorengan di Musim Hujan yang Mengintai Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Semua makanan yang melalui proses pengorengan dan direndam dalam minyak yang panas tentu sangat nikmat ketika dimakan. Terlebih lagi gorengan yang memiliki tekstur yang renyah tentu akan terasa garing dan nagih ketika digigit.

Akan tetapi perlu diketahui resiko yang mengintai kita jika terlalu sering makan gorengan. Gorengan dapat menimbulkan penyakit seperti batuk, karena kandungan minyaknya dapat menimbulkan luka kecil di tenggorokan.

Lebih parah lagi jika mengonsumsi gorengan di musim hujan karena suhu yang kerap berubah secara ekstrem dari musim kemarau ke musim hujan. Hal inilah yang semakin memperparah kondisi tubuh sehingga mudah terserang batuk.

Dikutip pada channel Youtube Official Nanoe Ronche berikut bahaya makan gorengan untuk kesehatan:

1. Kualitas Minyak Goreng Tidak Selalu Bagus

Minyak yang memiliki ciri khas warna coklat kehitaman menjadi salah satu alasan mengapa terlalu sering makan makanan yang digoreng berbahaya bagi kesehatan. Akibatnya minyak yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk senyawa serta radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

2. Menambah Asupan Lemak Trans

Didalam tubuh manusia terdapat dua jenis lemak trans. Pertama, lemak trans alami yang hadir dalam jumlah sedikit di dalam makanan, seperti daging. Kedua, lemak trans buatan yang terbentuk ketika lemak jenuh yang muncul saat makanan digoreng pada suhu tinggi.

Proses ini akan mengubah struktur kimiawi lemak, sehingga nantinya akan lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Ini bisa menimbulkan berbagai efek buruk bagi kesehatan akibat kandugan lemak trans. Mulai dari meningkatnya risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga obesitas.

3. Meningkatkan Resiko Penyakit Kronis

Penelitian dilakukan oleh Department of Nutrition di Harvard School of Public Health, menyebutkan bahwa makan makanan yang digoreng setidaknya seminggu sekali, dapat meningkatkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung. Bahkan, risiko ini akan semakin meningkat seiring dengan banyaknya jumlah gorengan yang dikonsumsi.

4. Tinggi Kandungan Acrylamide

Acrylamide adalah suatu zat kimia yang terbentuk di dalam makanan ketika dimasak pada suhu tinggi, salah satunya digoreng. Dalam penelitian yang dimuat dalam International Journal of Cancer, menemukan bahwa zat acrylamide berisiko menimbulkan penyakit kanker ginjal, kanker endometrium, dan kanker ovarium.

Reporter: Gilang Permata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini