3 Mobil Listrik yang Jadi Pilihan Warga di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Mobil listrik saat ini sudah menjadi pilihan sebagian orang untuk menjadi kendaraan utamanya. Di Indonesia, mobil listrik sudah banyak ditemui di kota-kota besar seperti Jakarta.

Untuk mendapatkan sebuah mobil listrik memang perlu merogoh kocek lebih karena di Indonesia harga mobil listrik masih tergolong tinggi. Berikut adalah rekomendasi mobil listrik yang bisa kamu beli.

  1. Tesla Model 3

Siapa yang tidak mengenal merek mobil satu ini. Pecinta otomotif pasti sudah tidak asing dengan nama Tesla. Mobil Tesla Model 3 sudah beredar beberapa tahun lalu di Indonesia. Mobil yang memiliki tenaga 283 hp ini memiliki harga yang fantastis yaitu mencapai lebih dari Rp 2 miliar.

Akan tetapi dibalik harganya yang fantastis mobil ini menawarkan spesifikasi yang mumpuni. Dari performa sampai kenyamanan berkendara mobil ini merupakan salah satu mobil listrik terbaik yang beredar di Indonesia.

Mobil ini juga memiliki tiga tipe yaitu Tesla Model 3 Standard Plus, Tesla Model 3 Long Range, dan Tesla Model 3 Performance. Mobil ini juga memiliki teknologi Full Self –Driving dimana mobil ini dapat menyetir sendiri dengan aman.

Kelebihan:

  1. Akselerasi cepat, Tesla Model 3 dapat meraih angka 100 kilometer per jam dengan waktu kurang dari dari empat detik.
  2. Fitur canggih, mobil ini memiliki head unit yang memiliki fungsi untuk mengoperasikan seluruh fitur di mobil ini. Selain itu, Tesla Model 3 ini memiliki fitur canggih lainnya seperti auto pilot dan keyless entry.
  3. Daya jelajah tinggi, mobil ini memiliki daya jelajah yang fantastis yaitu, mencapai 416 km.

Kekurangan:

  1. Mahal, yap mobil ini tergolong mobil yang memiliki harga tinggi yaitu mencapai lebih dari Rp 2 miliar.

 

  1. BMW I3

Mobil yang mulai dijual pada 2019 lalu ini merupakan salah satu dari mobil listrik terbaik yang beredar di Indonesia. Tenaga yang dihasilkan mobil ini mencapai 184 hp dengan torsi maksimun mencapai 270nm.

Walaupun bentuk mobil listrik ini terbilang kecil, mobil ini memiliki banyak fitur menarik seperti uphill and downhill control, VSC, brake assist dan EBD. Mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp 1,3 miliar.

Kelebihan:

  1. Design inovatif dan menarik, mobil ini menawarkan design mobil sport yang futuristic. Mobil ini didesign dengan dinamis sehingga ketika berkendara terasa seperti bersatu dengan jalan,
  2. Fitur keamanan, tidak bisa dipungkiri bahwa mobil ini memiliki fitur keamanan yang sangat baik. Mobil ini menyajikan fitur berupa BMW Connected Driver Assistance System, dimana sudah memiliki Speed Limit Info. BMW I3 juga menyajikan kamera bagian depan, kanan, kiri mobil dan pastinya front airbags dan juga side airbags. Sehingga mobil ini sangat aman untuk dikendarai

Kekurangan:

  1. Mahal, walaupun mobil ini tidak semahal Tesla Model 3. Akan tetapi, harga mobil ini juga dikategorikan sebagai mobil yang mahal. Harga jual mobil ini dimulai dari Rp. 1,3 miliar.
  2. Space yang kecil, mobil ini hanya didesign khusus untuk dua orang saja.
  3. Spareparts, untuk mencari ‘perintilan’ mobil ini masih sangat susah khususnya di Indonesia.
  4. Hyundai Ioniq

Dibandingkan kedua mobil diatas, Mobil Hyundai Ioniq merupakan mobil listrik paling murah. Mobil yang berkapasitas 5 orang ini memiliki tenaga 134 hp dengan torsi 295nm. Mobil ini bisa melaju sejauh 373 km dalam sekali cas. Di Indonesia mobil ini dijual dengan harga Rp 600 jutaan yang dijual resmi oleh Hyundai Indonesia.

Kelebihan:

  1. Memiliki harga yang tergolong murah untuk mobil electric, dibandingkan pesaing – pesaingnya mobil ini memiliki harga jual Rp 600 jutaan.
  2. Akselerasi cepat, Hyundai Ioniq dapat meraih 100km per jam hanya dengan catatan waktu 9,9 detik.
  3. Design unik dan futuristik, walaupun mobil ini tergolong murah. Design mobil ini sangat baik dan enak untuk dilihat. Interior dalam mobil ini juga berlapis kulit sehingga memiliki kesan yang elegan.

Kekurangan:

  1. Pengisian daya yang lama, mobil ini memakan waktu lebih dari enam jam untuk melakuakan pengisian jika menggunakan daya listrik standar.

 

Reporter: Teuku Khanif M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini