3 Manfaat Ngopi di Pagi Hari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ngopi di pagi hari dianggap sebagai pemicu maag hingga keluhan kesehatan lainya. Meski begitu, ternyata aktivitas ngopi di pagi hari ada manfaatnya juga untuk kesehatan, asalkan takarannya tak berlebih.

Berikut ini beberapa manfaat minum kopi setiap hari, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan performa olahraga

Kafein alami dalam kopi bisa meningkatkan kinerja fisik, terutama saat olahraga jenis aerobik atau ketahanan. Jumlah kafein yang disarankan untuk meningkatkan performa olahraga adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.

2. Menurunkan risiko penyakit kronis

Melansir The Healthy, ternyata minum 3 hingga 5 gelas kopi sehari bisa menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes tipe 2, penyakit parkinson (kerusakan atau kematian sel saraf di bagian otak), demensia (penurunan daya ingat) dan penyakit hati.

Bahkan beberapa ahli mengatakan minum kopi sebagai resep panjang umur alami. Namun, perlu diingat jenis kopi yang sehat adalah kopi hitam tanpa krim, susu, dan gula.

3. Memperbaiki suasana hati

Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaaan, memperbaiki daya ingat, serta meningkatkan suasana hati. Sebuah studi di Harvard’s School of Public Health pada 2013, melaporkan efek kafein bisa meningkatkan suasana hati sehingga menurunkan risiko depresi dan bunuh diri.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Geliat Pilkada Sleman pasca Lebaran, PDIP Pikir-pikir Dua Nama Ini untuk Diusung

Mata indonesia, Sleman - DPC PDI Perjuangan Sleman akan membuka pendaftaran penjaringan untuk calon bupati Sleman dalam Pilkada 2024 pada pekan depan. Dari internal PDIP, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, telah dipanggil untuk diskusi oleh partai.
- Advertisement -

Baca berita yang ini