3 Langkah Sederhana Turunkan Berat Badan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada begitu banyak daftar diet yang menjanjikan dapat menurunkan berat badan. Namun, diet yang benar tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga dapat dijadikan pola makan sehari-hari yang nyaman untuk diikuti.

Konsumsi makanan sehat memainkan peran utama dalam program menurunkan berat badan. Tapi kabar baiknya adalah ada diet rendah karbohidrat dan kaya akan makanan utuh, yang efektif untuk menurunkan berat badan dan lebih mudah dipatuhi.

Melansir Times of India, berikut adalah tiga langkah sederhana yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat berdasarkan sains.

Kurangi karbohidrat olahan

Mengurangi karbohidrat olahan adalah salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan. Ini bisa dilakukan dengan mengganti karbohidrat olahan dengan biji-bijian.

Dengan demikian, Anda akhirnya makan lebih sedikit kalori. Saat menjalani diet rendah karbohidrat, tubuh Anda akan memanfaatkan lemak yang tersimpan untuk energi, bukan karbohidrat.

Memilih untuk makan karbohidrat kompleks seperti biji-bijia akan meningkatkan asupan serat dan memperlambat pencernaan. Ini membuat Anda kenyang lebih lama dan menghentikan Anda dari makan berlebihan.

Konsumsi protein, lemak, dan sayuran

Mengisi piring Anda dengan sayuran berdaun hijau adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mendukung perjalanan diet Anda dan tentunya tetap sehat. Sayuran hijau sarat dengan nutrisi, rendah kalori, dan karbohidrat.

Beberapa sayuran hijau rendah kalori dan sarat nutrisi termasuk brokoli, kembang kol, bayam, tomat, kangkung, kubis brussel, kubis, lobak swiss, selada, serta mentimun.

Ingat, tidak semua lemak buruk. Tubuh Anda membutuhkan lemak sehat agar bisa berfungsi dengan lancar. Minyak zaitun dan minyak alpukat adalah pilihan yang bagus untuk dipilih untuk memasukkan lemak sehat ke dalam makanan Anda.

Lemak seperti minyak kelapa dan mentega harus digunakan dalam jumlah sedang karena kandungan lemak jenuh yang tinggi di dalamnya.

Sementara konsumsi protein dalam jumlah yang cukup penting untuk menjaga kesehatan dan massa otot Anda sambil menurunkan berat badan. Protein yang cukup dalam diet dapat membantu meningkatkan faktor risiko kardiometabolik, nafsu makan, dan berat badan.

Aturan praktis yang aman adalah mengonsumsi 1,5 gram protein per kg berat badan. Jika berat badan Anda sekitar 50 kilogram, asupan protein ideal Anda adalah antara 50-60 gram per hari.

Beberapa sumber protein sehat termasuk daging, ikan, makanan laut, telur, dan protein nabati.

Tetap aktif secara fisik

Berolahraga diiringi konsumsi makanan sehat dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Mengangkat beban telah terbukti bahkan bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Mengangkat beban membantu menjaga metabolisme Anda, yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan. Seiring dengan angkat berat, Anda juga dapat memasukkan beberapa cardio dalam rutinitas Anda untuk kesehatan jantung Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini