MINEWS, JAKARTA – Hari Jumat disebut-sebut sebagai hari terbaik dalam Islam. Banyak peristiwa besar terjadi di hari Jumat, banyak juga keutamaan dan keistimewaannya seperti dijelaskan dalam beberapa hadits.

Makanya, umat Islam diperintahkan banyak-banyak melakukan ibadah dan pertaubatan di hari Jumat. Terutama, buat kamu para jomblo yang menanti jodoh, atau kalian sobat ‘misqueen’ yang menunggu rezeki baik, jangan pernah remehkan hari Jumat. Apa yang kalian harapkan, baik jodoh atau harta, baiknya memohon di hari Jumat.

Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

Lalu, apa saja sebenarnya keutamaan hari Jumat bagi umat Islam? Yuk para jomblo dan sobat ‘misqueen’, simak berikut ini:

1. Hari Dikabulkannya Doa

Kalau kamu mengalami masalah keuangan, jomblo, susah dapat kerjaan dan lainnya, jangan pernah putus doa, terutama di hari Jumat.

Seperti sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” (Muttafaqun Alaih).

Jadi, jangan ragu-ragu lagi meminta kepada Allah SWT untuk kemudahan dalam hidup kalian, wahai para jomblo dan sobat misqueen.

2. Hari Terbaik dari yang Terbaik

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (HR Muslim).

Tegas, hari Jumat adalah yang terbaik. Jadi, tak ada alasan untuk tidak beribadah sebanyak-banyaknya di hari yang terbaik.

3. Hari Penghapusan Dosa

Banyak dosa yang menghambat rezeki dan jodoh, sehingga sobat misqueen akan tetap jadi miskin, yang jomblo akan tetap tenggelam dalam kesendiriannya.

Kalian mesti merenungkan dosa apa yang selama ini dilakukan sehingga menghambat rezeki dan jodoh. Lalu, bertaubatlah, memohon ampunan, terutama di hari Jumat. Bergegaslah ke masjid, untuk mendirikan salat Jumat.

Dari Salman Al Farisi, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).