Yuk, Hindari Makanan dan Minuman Ini Setelah Berolahraga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Makanan dan minuman memang sangat dibutuhkan untuk memulihkan energi dan meningkatkan metabolisme terutama setelah berolahraga. Meski demikian, tidak semua jenis makanan dan minuman bisa dikonsumsi setelah berolahraga.

Pertama, yaitu makanan pedas. Menurut Eat This, sudah sepatutnya dihindari setelah berolahraga. Mengingat setelah melakukan olahraga, tubuh membutuhkan suatu yang mudah dicerna yaitu sedikit protein dan sedikit gula.

Kedua, yaitu minuman yang mengandung soda. Minuman jenis ini bisa membuat kembung sehingga sebaiknya dihindari setelah melakukan olahraga. Selain itu, minuman manis yang berfluktosa tinggi juga sebaiknya dihindari karena lambat untuk dicerna dan mengurangi efek pembakaran lemak.

Ketiga, sebaiknya menghindari makanan yang sulit untuk dicerna seperti minyak, biji-bijian, dan apa pun makanan yang digoreng, bahkan kacang-kacangan setelah berolahraga. Hal ini disebabkan faktoe lemak yang dapat memperlambat proses pencernaan di usus sehingga pengiriman nutrisi terhambat.

Keempat, makanan cepat saji seperti burger sebaiknya tidak dikonsumsi setelah berolahraga. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak trans di dalamnya. Selain itu, makanan berserat tinggi, terutama salad dengan biji rami atau kangkung.

Adapun setelah berolahraga, nutrisi harus dipulihkan sesegera mungkin. Maka mengonsumsi makanan tinggi protein setelah berolahraga bisa membantu menyediakan asam amino esensial yang membangun dan memperbaiki otot, serta bisa meningkatkan energi yang disimpan tubuh.

Selain itu, mengutip dari webmd.com, ada baiknya mengonsumsi karbohidrat berkualitas (mudah dicerna), protein tanpa lemak, dan cukup cairan sebelum berolahraga. Mengingat, karbohidrat berguna untuk mendapatkan energi sedangkan protein berfungsi untuk membantu sel darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke otot.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini