Tidak Sabar Ingin Berenang Saat Pandemi? Ini Aturannya agar Tetap Aman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tempat yang beresiko menyebarkan penularan virus corona ditutup saat pandemi termasuk kolam renang. Namun beberapa negara sudah kembali melakukan pelonggaran sehingga fasilitas publik sudah mulai dibuka secara bertahap.

Menurut Independent.co.uk, pemerintah Inggris memperbolehkan kembali melakukan aktivitas olahraga di luar ruangan termasuk berenang. Pelonggaran di Inggris dilakukan secara bertahap dan kini sudah memasuki tahap kedua.

Menurut Profesor epidemiologi penyakit menular di Universitas Nottingham, Keith Neal penularan di kolam renang bukan terjadi karena air. Melihat adanya pelonggaran ini, Swim England mengemukakan beberapa pedoman yang dapat dilakukan ketika kolam renang kembali dibuka.

Pertama yaitu menerapkan sistem pemesanan dan penjadwalan bagi orang yang ingin berenang di kolam umum. Pemesanan bisa dilakukan melalui situs web atau media sosial.

Kedua, jika memiliki gejala Covid-19 sebaiknya tetap di rumah dan tidak memutuskan untuk berenang. Gejalanya meliputi suhu tinggi, batuk terus menerus, kehilangan panca indera atau penciuman.

Ketiga, yaitu mengurangi waktu di ruang ganti. Caranya bisa dengan datang dengan baju renang yang sudah terlebih dulu dikenakan di balik pakaian.

Keempat, saat selesai berenang sebaiknya segera meninggalkan lokasi tersebut secepat mungkin. Mandi di rumah dan habiskan waktu sesedikit mungkin di ruang ganti. Selain itu, mandi juga bisa dilakukan di rumah sebelum dan sesudah berenang.

Kelima, yaitu dengan membawa peralatan sendiri atau alat apapun yang digunakan saat berenang. Seperti misalnya pelampung, papan tendangan dan lainnya. Tujuannya supaya tidak ada penularan dari barang yang dipakai secara umum.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Keberhasilan Aparat Keamanan Lumpuhkan Dua Anggota OPM di Yahukimo

Aparat keamanan berhasil melumpuhkan 2 (dua) orang anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) di wilayah Yahukimo, yang merupakan anggota dari...
- Advertisement -

Baca berita yang ini