Anda Punya Riwayat Hipertensi? Sebaiknya Jauhi Beberapa Makanan Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi rentan terkena penyakit jantung. Mengingat, tekanan darah tinggi artinya jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Mekanisme ini dapat meningkatkan risiko penyakit peredaran darah yang serius dari waktu ke waktu. Maka penting untuk memperhatikan beberapa makanan yang perlu dihindari supaya tekanan darah dapat terkendali.

Mengutip dari Express, Badan Kesehatan Cleveland Clinic menyarankan supaya masyarakat menghindari 9 makanan, yang meliputi mentega, saus salad, daging berlemak, produk susu murni, gorengan, cemilan asin, sup kalengan, makanan cepat saji dan daging deli.

Beberapa makanan tersebut mengandung garam yang tinggi sehingga harus dikurangi konsumsinya. Mengingat tingginya garam dalam makanan bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

Badan riset yang berbasis di Queen Mary University of London, Action of Salt, menegaskan bahwa garam menyebabkan retensi cairan yang meningkatkan tekanan yang diberikan oleh darah terhadap dinding pembuluh darah.

Maka, mengurangi garam adalah salah satu cara cepat untuk menurunkan tekanan darah, terutama jika orang tersebut memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Kebutuhan harian garam yang direkomendasikan yaitu 6 gram per hari.

Sementara itu, diet menurut Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu terhindari dari tekanan darah tinggi.

“Diet DASH adalah pendekatan seumur hidup untuk makan sehat yang dirancang untuk membantu mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi),” kata Mayo Clinic tentang diet DASH.

Diet DASH menyarankan seseorang untuk mengurangi natrium dalam makanan dan mengonsumi berbagai makana kaya nutrisi yang membantu menurunkan tekanan darah, seperti kalsium, dan magnesium.

Umumnya, diet DASH menekankan untuk mengonsumsi banyak biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini