Perawatan Radiator Mobil Penting, Ini Beberapa Cara Menjaganya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perawatan radiator mobil sangat penting karena merupakan perangkat penting yang berfungsi sebagai pendingin mesin. Maka wajib hukumnya bagi pemilik mobil untuk mengetahui cara menajaga dan merawatnya.

Tiga komponen penting seperti minyak pelumas, cairan pendingin, dan udara memerlukan perawatan supaya peforma mesin mobil tetap dalam kondisi baik. Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama yaitu memperhatikan selang radiator. Menurut Meineke, pada dasarnya terdapat dua selang pada radiator yaitu selang bagian atas dan bagian bawah. Selang atas menghubungkan bagian atas radiator ke mesin, sedangkan selang bawah menghubungkan bagian bawah radiator ke pompa mesin air. Keretakan pada selang bisa berakibat kebocoran cairan pendingin dan pendinginan mesin menjadi tidak berjalan dengan baik.

Kedua yaitu tidak sembarangan untuk memilih cairan pendingin pada radiator mobil. Caranya dengan menggunakan cairan pendingin khusus sesuai dengan merek dan model mobil.

Setiap mobil memiliki radiator yang berbeda, bisa terbuat dari aluminium dan tembaga kuningan. Menurut Professional Auto Repair, disarankan untuk tidak mencampur cairan pendingin radiator karena akan memengaruhi kinerja radiator.

Ketiga, yaitu membersihkan radiator secara teratur, yaitu dengan satu tahun sekali atau 30 ribu km. Rutin membersihkan radiator dapat menghilangkan penumpukan karat dan residu.

Keempat, berdasarkan Gulf News rutin untuk cek tutup radiator merupakan salah satu hal yang penting. Bila tutup radiator tidak berfungsi bisa menyebabkan radiator terlalu panas. Selain itu, jika tutup radiator tidak disekrup dengan benar bisa menyebabkan cairan pendingin bocor.

Kelima yaitu menghindari membawa barang terlalu berat. Mengingat berat beban pada mobil membuat berat radiator mobil untuk bekerja. Bila terlalu berat akan membuat mobil terlalu panas karena beban mesin meningkat.

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini