11 Tahun ‘Pergi’, Ini Perjalanan Solo Karir Michael Jackson dengan Lagu-lagu Hits-nya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAMichael Jackson meninggal pada 25 Juni 2009. Semasa hidupnya, dia dikenal sebagai The King of Pop dan memopulerkan gerakan dansa “Moonwalk” yang telah menjadi ciri khasnya.

Sebelum meninggal, Michael Jackson merencanakan untuk menggelar konser terakhirnya di O2 Arena, London, Jackson menamai konser ini dengan nama This Is It Michael Jackson. Konser ini rencananya akan dilaksanakan tanggal 25 Juli 2009.

Namun satu bulan sebelumnya Michael Jackson meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles pada hari Kamis, 25 Juni 2009, Pukul 14:26 waktu setempat. Ia tidak sadarkan diri setelah mengalami gagal jantung (cardiac arrest). Ia diduga mengalami gagal jantung sesaat setelah diberi suntikan demerol.

BACA JUGA: Satu Dekade Kepergian Michael Jackson, Ini 5 Fakta Menarik tentang Sang Raja Pop

Hidup Jackson sangat terkenal di seluruh dunia, didampingi dengan kariernya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. Dalam beberapa tahun dia sering disebut-sebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia.

Berikut perjalanan solo karir Michael Jackson:

1. Got to Be There adalah album solo pertama penyanyi Michael Jackson. Album ini dirilis oleh Motown Records pada tanggal 24 Januari 1972. Judul lagu dan “Rockin ‘Robin” dirilis sebagai single dan sukses secara komersial. Kedua hit itu berturut-turut di Hot 100 di No. 5 dan 6, masing-masing, pada 8 April 1972.

Jackson “I Wanna Be Where You Are” mencapai No. 27 di tangga lagu AS pada 24 Juni 1972 Album ini termasuk remake dari Bill Withers ‘”Ain’t No Sunshine”, Carole King “You’ve Got a Friend” dan The Supremes’ “Love Is Here and Now You’re Gone”.

2. Ben adalah album studio kedua dari penyanyi asal Amerika Serikat, Michael Jackson. Album ini dirilis tanggal 4 Agustus 1972 sementara Jackson masih merupakan angota The Jackson 5.

Album ini merilis satu single, judul lagu “Ben”, yang merupakan kesuksesan komersial di tangga musik, menduduki peringkat kedua Billboard Hot 100 AS dan tangga lagu ARIA Australia, memberikan Jackson nomor 1 tunggal pertamanya, di dalam negeri dan internasional.

https://www.youtube.com/channel/UC5OrDvL9DscpcAstz7JnQGA

3. Music & Me adalah album solo ketiga penyanyi asal Amerika Serikat, Michael Jackson. Album ini dirilis tahun 1973 di bawah label Motown. Album ini terjual sekitar empat juta kopi di seluruh dunia.

Sampul Stevie Wonder, “With a Child’s Heart”, dirilis sebagai single di Amerika Serikat, di mana ia mencapai No. 14 di chart Billboard R&B Singles dan No. 50 di chart Billboard Pop Singles. Dua lagu tambahan (“Music and Me” dan “Morning Glow”) dirilis sebagai single di Inggris, tetapi mereka gagal untuk chart.

4. Forever, Michael adalah album studio keempat penyanyi asal Amerika Serikat, Michael Jackson. Album ini dirilis tahun 1975. Album ini adalah album studio keempat sekaligus album studio terakhir Michael Jackson yang dirilis oleh Motown Records.

Tidak seperti album studio Jackson sebelumnya, album itu tidak sukses secara komersial di seluruh dunia. Selamanya, Michael secara umum diterima dengan baik oleh para kritikus musik kontemporer.

5. Off the Wall adalah album kelima penyanyi asal Amerik Serikat, Michael Jackson. Album ini dirilis tanggal 10 Agustus 1979. Off the Wall memuncak pada nomor tiga di Billboard Top LP & Tapes chart dan nomor satu di chart Top Black Albums, tetap di nomor satu di yang terakhir selama 16 minggu, dan merupakan kesuksesan kritis yang luar biasa.

Lima single dirilis dari album. Jackson sendiri yang menulis tiga lagu, termasuk single nomor satu Billboard Hot 100 “Don’t Stop ‘Til You Get Enough”, yang merupakan solo solo nomor satu pertama Jackson sejak “Ben”, tujuh tahun sebelumnya.

6. Thriller adalah salah satu album sang raja pop legendaris, Michael Jackson .Dirilis pada tahun 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 109 juta kopi di seluruh dunia. Album ini juga memuat single “Thriller” yang merupakan video musik pertama yang dibuat oleh ras kulit hitam pada masa itu.

7. Bad adalah album studio ketujuh oleh penyanyi Amerika Michael Jackson. Album ini dirilis pada 31 Agustus 1987 oleh Epic Records, hampir lima tahun setelah album Jackson sebelumnya, Thriller. Bad ditulis dan direkam dalam hampir satu tahun, dan merupakan kolaborasi terakhir antara Jackson dan produser Quincy Jones.

8. Dangerous adalah album studio kedelapan oleh penyanyi Amerika Michael Jackson. Album ini dirilis oleh Epic Records pada 26 November 1991. Diproduksi bersama oleh Jackson, Bill Bottrell, Teddy Riley, dan Bruce Swedien, album ini merupakan album pertama Jackson sejak Forever, Michael (1975) yang tidak diproduksi oleh kolaborator lama Quincy Jones.

Album ini menghasilkan empat single yang mencapai sepuluh besar di Billboard Hot 100: “Remember the Time”, “In the Closet”, “Will You Be There” dan single nomor satu “Black or White”. Tur Dunia Berbahaya menghasilkan $ 100 juta yang menjadikannya salah satu wisata dengan pendapatan tertinggi pada tahun 1990-an.

9. HIStory adalah album studio kesembilan oleh penyanyi Amerika Michael Jackson, dirilis pada 20 Juni 1995. Itu adalah album Jackson kelima yang dirilis melalui Epic Records, dan yang pertama pada labelnya MJJ Productions. Ini terdiri dari dua disc: HIStory Begins, kompilasi hits terbesar, dan HIStory Continues, yang terdiri dari materi baru yang ditulis dan diproduksi oleh Jackson dan kolaborator.

Enam single dirilis, termasuk lagu protes “Earth Song” dan “They Don’t Care About Us”. “Scream / Childhood”, duet antara Jackson dan adiknya Janet, menjadi lagu pertama yang debut di lima besar di Billboard Hot 100, mencapai nomor lima. “You Are Not Alone” adalah lagu pertama dalam sejarah yang debut di nomor satu di Billboard Hot 100; itu adalah single nomor satu terakhir Jackson.

10. Invincible adalah album kesepuluh dan album studio terakhir penyanyi Michael Jackson. Album ini dirilis pada tanggal 30 Oktober 2001.

Invincible debut di nomor satu di Billboard 200 dan di sepuluh negara lain di seluruh dunia. Serta “You Rock My World”, album ini menelurkan tiga single lagi: “Cry”, “Butterflies” dan single promosi “Speechless”. “You Rock My World” adalah single album paling sukses, memuncak pada nomor sepuluh di Billboard Hot 100.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini