Home Gaya Hidup 10 Kunci Hidup Lebih Bahagia, Duh Nomor 6 Gampang-Gampang Susah!

10 Kunci Hidup Lebih Bahagia, Duh Nomor 6 Gampang-Gampang Susah!

0
425
Ilustrasi (Foto: naturallyliving.org)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa syukur kita pada Tuhan atas segala nikmat kehidupan. Salah satunya dengan senantiasa berbuat kebaikan. Percaya deh, berbuat kebaikan adalah kunci utama hidup lebih bahagia.

Berbuat baik tak melulu harus dilakukan dengan cara yang luar biasa. Bisa dengan cara-cara sederhana yang sesuai kemampuan kita.

Yang penting lakukanlah secara konsisten dengan niat yang lurus. Niscaya tak hanya pahala yang akan didapat, tetapi juga mendatangkan kebahagiaan untuk diri sendiri dan manfaat untuk orang lain.

Kuncinya hanya satu, yakni mau atau tidak melakukannya. Jika kita mau, maka kesempatan apapun bisa kita gunakan untuk melakukan perbuatan baik.

Senyum Sapa

Mulailah dari hal yang paling mudah, yakni senyum dan sapa. Biasakanlah tersenyum, menyapa atau mengucapkan salam pada orang yang kamu temui.

Tak hanya bernilai ibadah, hal sederhana ini bisa menebarkan energi positif bagi orang-orang yang ada di sekitar kamu. Bahkan mungkin bisa jadi “obat” buat mereka yang tengah berduka.

Senyum dan sapa juga jadi kunci mempererat silaturahmi. Dan dalam pandangan Islam, silaturahmi bisa memperpanjang umur serta memperluas rezeki. Jadi, meski hanya kebaikan kecil, efek memberikan senyum dan sapaan bisa sangat luar biasa.

Konsisten Beribadah

Tak dipungkiri, ibadah adalah hal penting. Ibadah akan mendekatkan diri kita dengan Sang Pencipta dan memberi spirit untuk jadi pribadi yang baik. Bahkan dalam Alquran disebutkan jika sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Namun sayang, ada kalanya kesibukan dunia seringkali membuat kita lalai dalam beribadah. Kalau sudah begini, semua kembali lagi pada niat. Jika selalu disertai niat yang kuat, konsistensi ibadah pasti bisa terjaga.

Perbanyak Kegiatan Bermanfaat

Isi hari-hari dengan kegiatan bermanfaat yang membuat diri dan hidupmu terasa lebih berharga. Misalnya saja berkontribusi sebagai volunteer di berbagai komunitas sosial atau menjadi donatur untuk kegiatan amal. Berinteraksilah dengan orang-orang yang kurang beruntung, dengarkan cerita dan keluh kesah mereka, serta hiburlah mereka sebisa kamu. Tampaknya sederhana, tapi ini akan memberikan manfaat besar bagi mereka sekaligus menyadarkan betapa beruntungnya hidup kita.

Selalu Bersikap Positif

Hadapi berbagai momen dalam hidup dengan sikap dan tindakan positif. Jika sedang menghadapi masalah, sikapilah dengan positif. Jangan sedih, kecewa atau marah secara berlebihan. Ingatlah sudah kodratnya setiap manusia di dunia tak luput dari masalah. Tugas kita hanya berikhtiar dan tawakal, sisanya biar Tuhan yang “bekerja”.

Berperilaku Baik pada Siapapun

Berusahalah menjalin komunikasi dan interaksi yang baik pada siapapun, tanpa pandang SARA atau status sosial. Bersikap sopan pada orang tua yang kamu jumpai dan bersikap mengayomi pada yang lebih muda.

Bantulah sesama yang membutuhkan pertolongan-pertolongan kecil dari kamu. Misalnya membantu kakek-kakek yang akan menyeberang jalan, memberikan kursi untuk ibu hamil di KRL, dan sebagainya.

Cobalah untuk senantiasa memperlakukan orang lain dengan hormat, meski kamu tidak mengenalnya. Juga jangan pernah gengsi untuk mengucapkan 3 kata ini pada orang lain: maaf, tolong dan terima kasih.

Berhenti Menghakimi Orang Lain

Tak jarang dari kita suka sibuk menjudge atau mengomentari kekurangan orang lain, hingga lupa dengan kekurangan diri sendiri. “Kok kamu gendutan!”, “Kenapa belum nikah juga?”, “Kok belum punya anak juga?”, stop segala pertanyaan dan pernyataan semacam itu. Berhentilah mengomentari atau menjudge kehidupan orang lain. Karena bisa jadi itu akan mengganggu atau bahkan menyakiti perasaan mereka. Fokus saja berbuat baik dalam kehidupanmu dan jangan biarkan waktu kita terbuang percuma untuk hal-hal tak berfaedah.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk mungkin agak sulit dihentikan, tapi belajarlah untuk berubah demi kebaikanmu. Secara perlahan ubahlah kebiasaan buruk yang kerap kamu lakukan dan ganti dengan hobi-hobi positif. Misalnya, yang suka merokok cobalah tinggalkan kebiasaan itu. Isi waktu luang dengan kegiatan lebih sehat seperti berolahraga. Atau yang biasa konsumtif dan boros, kurangi frekuensi belanjamu. Atur pengeluaran untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Bahagiakan Diri Sendiri

Membahagiakan diri sendiri tentunya juga termasuk perbuatan baik. Karena jika kita bahagia, tentu akan lebih mudah menebarkan energi dan semangat positif pada banyak orang.

Ingat, membahagiakan diri tak melulu harus dengan sesuatu yang mahal. Lakukan saja hobi-hobi sederhana yang benar-benar kamu suka dan nikmati secara total!

Bahagiakan Orang Terdekat

Tak ada yang lebih bermakna dari kebahagiaan orang-orang terdekat. Jika biasanya kamu sibuk dengan urusan kantor dan lainnya, cobalah bahagiakan keluarga dan sahabat dengan meluangkan waktu khusus untuk mereka. Sehari saja berkumpul bersama bisa jadi momen yang tak terbayarkan oleh apapun.

Penuhi Setiap Kewajiban

Kita hidup dengan peran sosial yang berbeda-beda di masyarakat. Ada yang menjadi kepala rumah tangga, ibu rumah tangga, dan lainnya. Profesi yang dilakoni pun berbeda-beda, dokter, pedagang, dan sebagainya.

Berbuat baiklah dengan menunaikan setiap tugas kita sesuai peran dan porsinya masing-masing. Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa, maka belajarlah yang baik. Jika seorang kepala rumah tangga, maka pimpinlah keluarga dengan baik.

Penuhi segala hal yang menjadi kewajibanmu dengan baik. Jika punya janji dengan orang lain, maka tepati dan biasakan jangan “ngaret”. Jika punya utang, lunasilah tepat waktu. Jika ada deadline pekerjaan, maka selesaikanlah sesuai jadwal. Intinya, tunaikanlah semua yang menjadi kewajiban kita agar tak ada orang lain yang dirugikan.