10 Destinasi Eksotis di Natuna Ini Bakal Bikin Kamu Ogah Pulang

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kabupaten Natuna menjadi jalur pelayaran strategis internasional di Utara Indonesia. Tak hanya kaya akan sumber daya alam berupa gas dan minyak, namun pesona alamnya sangat memikat hati.

“Natuna itu eksotis. Alamnya sangat terjaga. Apalagi soal wisata bahari. Natuna adalah salah satu jawaranya. Bisa dipastikan Natuna akan menjadi destinasi yang menarik untuk melepas libur Lebaran,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Natuna bagaikan mutiara tersembunyi. Keindahan alamnya yang begitu mempesona masih sangat alami. Baik itu di daratan mau pun di bawah lautnya. Lantas destinasi wisata mana saja yang menarik? Berikut 10 destinasi yang bisa dikunjungi di Natuna.

1. Alif Stone Park

Terletak di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Alif Stone Park atau Taman Batu Raksasa memang mirip dengan Pantai Tanjung Tinggi di Belitung.Dengan hamparan batu granit yang menjulang tinggi, Alif Stone Park menjadi salah satu destinasi utama di Natuna.

Sesuai dengan namanya Alif Stone Park merupakan taman berbatu yang berada di tepi pantai Desa Sepempeng. Tempat wisata ini adalah perpaduan antara pantai pasir putih, air laut yang jernih serta gugusan batuan granit yang mempercantik kawasan.

2. Jelita Sejuba

Jelita Sejuba Resort merupakan tempat wisata terbaru yang ada di Pulau Natuna. Boleh dibilang destinasi yang sedang hits saat ini. Destinasi ini terinspirasi dari pembuatan film Jelita Sejuba.Tempat ini merupakan salah satu lokasi syuting film tersebut dan disulap oleh pemilikya menjadi tempat wisata. 

Lokasi yang didominasi oleh bebatuan granit seperti kebanyakan pantai yang ada di Natuna. Jelita Sejuta Resort menyajikan spot-spot yang instagramble. Tentunya dapat memuaskan hati para pecinta fotografi. 

3. Pantai Batu Kasah

Dikenal juga sebagai Pantai Cemaga karena berada di Desa Cemaga. Pantai ini juga menjadi salah satu liburan akhir pekan warga Ranai dan sekitarnya. Dibanding keempat pantai yang disebut sebelumnya, pantai ini agak lebih jauh. Tapi dengan jarak 30 kilometer dari Ranai, pantai bisa dicapai dalam 40 menit berkendara karena jalan yang relatif sepi. 

4. Pantai Tanjung/Teluk Selahang

Pantai Tanjung merupakan pantai yang paling banyak diburu penduduk Natuna di akhir pekan. Selain pantainya yang landai, ada deretan warung yang menyediakan makanan dan minuman. Anak-anak biasanya bermain dengan papan kayu, lantai bermain dengan ombak, bergaya seperti para peselancar. 

5. Pulau Senua

Pulau Senua berada di wilayah administratif Kecamatan Bunguran Timur, tepatnya berada di seberang Desa Sepempang. Kawasan ini adalah tempat yang sempurna bagi traveler yang mencari lanskap alam pantai yang eksotis dengan alam bawah laut yang magis.

6. Pulau Setanau

Sebuah kata menggambarkan Pulau Setanau atau Sedanau yang tanpa cacat. Lautan menampilkan gelombang yang tenang dan warna biru jernih. Bahkan pasirnya empuk dan putih! Uniknya pulau ini memiliki dua sisi garis pantai yang berbeda, yaitu pantai berbatu dan pantai air jernih.

7. Pulau Akar

Satu lagi destinasi di Natuna yang sedang hits saat ini. Namanya Pulau Akar. Pulau yang tergolong kecil ini berada tidak begitu jauh dari pulau bunguran. Jika perjalanan di mulai dari sekitar pantai cemaga bunguran hanya berjarak kurang lebih sekitar seratus lima puluh meter atau empat puluh menit jika berkendaraan dari Ranai.

8. Tanjung Datuk

Berada di ujung Timur Laut Natuna, Tanjung Datuk adalah pantai yang memiliki kharakteristik paling berbeda dengan kebanyakan pantai di perairan Natuna.Pantainya berpasir putih namun sebagian besar permukaan pantainya didominasi oleh perbukitan berbatu beraneka rupa. Pantai ini juga dikenal sebagai lokasi terbaik untuk melihat fajar menyingsing dan saat sunset.

9. Batu Sindu

Seperti halnya Alif Stone Park, daerah wisata ini juga dipenuhi oleh granit-granit berukuran besar. Hanya, di Tanjung Senubing, bebatuan itu tersebar dari bukit sampai di tepi pantai.Ada satu batu berukuran besar yang menonjol dan disebut Batu Sindu. Terdapat legenda yang beredar di masyarakat setempat tentang batu tersebut.

10. Wisata Hutan Bakau Mekar Jaya

Berbicara mengenai tempat Wisata unik di Kabupaten Natuna, memang tidak akan pernah ada habisnya. Selain wisata pantai dan susunan bebatuan yang indah, Natuna juga memiliki ekowisata hutan bakau. Ya, wisata alam hutan mangrove tersebut, terletak di Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Barat bernama wisata hutan bakau Mekar Jaya.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini