Sulli atau Choi Jin Ri yang merupakan eks anggota girl group asal Korea Selatan, f(x).

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah satu tahun Sulli mantan anggota girl group f(x) tak ada di dunia ini. Pada 14 Oktober 2019 lalu, ia ditemukan tewas akibat gantung diri di kediamannya.

Sulli sendiri merupakan artis K-Pop yang memulai debutnya sebagai aktris pada 2005. Selanjutnya, Sulli bergabung dalam girlband f(x) pada 2009.

Ia kemudian vakum pada 2014 lalu muncul kembali dan mengaku ingin fokus dalam berakting. Ini membuatnya kemudian meninggalkan f(x) yang membesarkan namanya.

Semasa hidupnya Sulli merupakan sosok yang kontroversial dimata warganet. Sulli sering kali mendapat nyinyiran dan hujatan dari warganet, salah satunya karena gayanya yang tampil tanpa menggunakan bra.

Meskipun begitu, banyak yang tak menyangka, gadis kelahiran Busan 29 Maret 1994 ini meninggal dunia di usianya yang muda. Dari rekan-rekannya, sosok Tiffany Girls’ Generation atau SNSD adalah salah satu orang yang paling merasa kehilangan Sulli.

Dalam film dokumenter tentang Sulli, Why Were You Uncomfortable With Sulli yang tayang September lalu, mengaku amat menyesal dan merasa bersalah karena tidak bisa membantu Sulli dan memiliki pembicaraan dari hati ke hati dengannya. Ia pun mengungkapkan pada dasarnya semua orang butuh bantuan.

“Terima kasih kamu telah menghabiskan waktumu dengan amat berani, bersinar, dan luar biasa,” tutur Tiffany seperti dilansir News1.

Kematian Sulli juga membuat seluruh anggota f(x) bersedih dan menunda kegiatan mereka. Bahkan, Amber mengumumkan bahwa ia akan menunda album barunya, sementara Victoria juga menunda pembuatan film drama yang ada di China.

Sedangkan Amber Liu lewat akun Twitternya @llama_ajol dan Instagram Story @ajol_Ilama langsung menuliskan, “Karena peristiwa baru-baru ini saya akan menunda kegiatan mendatang saya. Maaf semuanya. Terima kasih atas perhatian anda.”

Pada Kamis (17 Oktober) waktu setempat, Victoria memposting fotonya bersama keempat anggota f(x), termasuk Sulli. “Sulli, cuacanya bagus hari ini. Selamat tinggal. Aku tidak akan melupakanmu. Aku sayang kamu…,” tulis @victoria02_02.

Selain itu, Luna yang terpilih sebagai karakter utama Sophie untuk musikal ‘Mamma Mia’, juga membatalkan semua jadwal pertunjukan untuk minggu ini.

Kemudian, Krystal Jung juga dikabarkan membantu menerima tamu dan melayani tamu di rumah duka tempat pemberian hormat terakhir kepada Sulli selama tiga hari berturut-turut. Padahal, ia sempat dihujat karena dikira cuek dengan kamatian Sulli.

Dilansir dari Naver, seorang pejabat perusahaan hiburan yang melayat pada 17 Juli mengatakan kepada Hankyung.com bahwa, “Sudah 3 hari Krystal membantu dan mendengarkan berita Sulli dan menjalani semua prosedur pemakaman di sana.”

Selain Tiffany dan anggota f(x), beberapa artis ini juga pernah mengungkapkan kesedihannya saat mendengar kabar bahwa pemilik nama asli Choi Jin Ri ini telah berpulang untuk selama-lamanya. Cekidot!

Menanggapi berita meninggalnya Sulli, Kang Ji Young memposting di Instagram-nya, mengatakan, “Semua orang akan mengingat senyum Anda.”

Hong Suk Chun memposting foto yang diambilnya bersama Sulli, mengatakan, “Memikirkan ini akan menjadi foto terakhirku bersamamu … Aku bilang kita harus tetap melaluinya bersama, tapi aku sudah menjadi [teman] yang buruk yang membiarkanmu pergi tanpa ucapkan selamat tinggal. Maaf, saya sangat menyesal. Saya harap Kamu tidak lagi terluka di tempat itu, dan saya harap Kamu dapat menghabiskan waktu Kamu melakukan apa pun yang Kamu inginkan. Saya akan ingat selalu kecantikanmu. Malam yang menyedihkan.”

Sunday menuliskan di Instagram-nya, “Aku juga mencintaimu, Jin Ri .. Aku tidak bisa meresponsmu hari itu di Kondae karena aku terlalu malu … Maaf aku tidak pernah membelikanmu mangga bingsoo (es serut). Aku akan menemuimu besok. Untuk semua orang yang melukaimu. Hidup adalah bumerang.”

View this post on Instagram

진리야 사랑해

A post shared by 천상지희선데이 (@sunday040728) on

Goo Hara telah memposting di Instagram untuk berbagi foto dengan teman dekatnya Sulli. Dia menuliskan keterangan yang diterjemahkan secara harfiah sebagai, “Di dunia itu, seperti yang ingin dilakukan Ri Ri.”

Jin Ri adalah nama yang diberikan Sulli (juga dieja “Jilli”), dan kalimat Goo Hara dapat diartikan sebagai “Di dunia itu, aku berharap Jin Ri melakukan apa yang dia ingin lakukan.” Sayang, sebulan kemudian, Goo Hara juga melakukan aksi yang sama seperti Sulli.

View this post on Instagram

그 세상에서 진리가 하고 싶은 대로 ..

A post shared by 구하라 (@koohara__) on

Gyuri juga memposting di Instagram-nya setelah kepergian Sulli. Dia menulis, “Orang yang cantik dan ceria. Sulit untuk mengungkapkan bagaimana perasaan saya dalam kata-kata. Saya berharap dunia akan menjadi sedikit lebih toleran kepada semua orang.”

U-KISS’s Jun menulis, “Kamu telah melalui begitu banyak hal … Saya harap Kamu tidak akan khawatir tentang apa pun di sana dan saya harap Kamu akan benar-benar bahagia, noona. Beristirahatlah dengan tenang sekarang.” “Noona”adalah istilah yang digunakan oleh pria ketika berbicara dengan kakak perempuan atau teman perempuan.

Mantan anggota AOA Mina berbagi foto dengan Sulli dan menulis, “Jin Ri, jangan sakit, jangan menderita, mari kita bahagia.”

DinDin menulis, “Saya akan berdoa agar Anda selalu bahagia di tempat itu. Saya sangat sedih. Istirahat dengan damai.”

Jika Anda atau orang di sekitar Anda memiliki pemikiran bunuh diri, jangan ragu untuk segera hubungi psikolog dan psikiater terdekat. Meminta bantuan profesional juga membantu kita mengenali bahwa bunuh diri bukanlah cara yang tepat untuk menghadapi peristiwa kehidupan yang penuh tekanan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here