IKN Memberi Banyak Dampak Positif Masyarakat Dayak

Baca Juga

Indramayu – Pembangunan Ibu Kota Nusantara atau Ibu Kota Negara (IKN) diyakini membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas hidup maayarakat dayak.
Perpindahan Ibu kota negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, membawa banyak sekali dampak positif bagi Indonesia dan juga terutama masyarakat dayak secara langsung, Selasa (15/03/2023).

Terutama perekonomian di Kalimantan akan semakin positif, akan banyak investasi sehingga kehidupan masyarakat di IKN dan sekitarnya juga akan turut berdampak baik.

Hal ini disampaikan Irham Tanry Latanro sebagai General Manager hotel Neo Balikpapan, Ia mengatakan, pembangunan IKN Nusantara akan membawa dampak positif bagi masyarakat dayak dan tentunya juga Indonesia.

“Dampaknya luar biasa terhadap peningkatan perekonomian, terutama UMKM, transportasi, restoran dan perhotelan. Secara umum hunian hotel meningkat dari 60% 70%,” pungkas Irham.

Lebih lanjut Arif Risdianto mengatakan adanya IKN berdampak positif meningkatkan derajat pelayanan kesehatan.

“Yang pertama sudah pasti, rumah sakit bertaraf internasional akan dibangun di wilayah pusat IKN Nusantara. Kedua, kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) dokter di Kaltim juga akan meningkat. Ketiga, peluang putra daerah untuk melanjutkan pendidikan sebagai dokter spesialis. Keempat, pembangunan IKN Nusantara akan menambah sistem pendidikan kedokteran lebih maju dengan mendirikan fakultas kedokteran di Kaltim,” Pungkas Arif Risdianto.

Pembangunan IKN memiliki banyak dampak positif dari perpindahan IKN karena berpengaruh juga ke kota penunjang lainnya. Kendati demikian, masyarakat dayak sangat antusias menyambut adanya pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Masyarakat dayak juga telah berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah untuk mengamankan pembangunan hingga terlaksananya IKN Nusantara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini