Wajib Tahu! Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Keberadaan mobil listrik saat ini terus mengalami kemajuan sejak awal diciptakan. Saat ini mobil listrik sudah bisa digunakan untuk sehari-hari dan fitur-fiturnya tak kalah dengan mobil berbahan bensin.

Dalam segi mesin, mobil listrik dikenal lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan mobil berbahan bakar bensin. Namun, ada kelebihan dan kekurangan dari sebuah mobil listrik.

Kelebihan mobil listrik

  1. Lebih Hemat

Mobil listrik dikenal lebih hemat dari mobil konvensional karena mobil listrik menggunakan baterai sebagai daya penggeraknya sehingga dapat diisi ulang (di-charge).

  1. Lebih Bertenaga

Manuver dan kecepatan mobil listrik dibilang lebih bertenaga karena torsi bekerja lebih cepat untuk sampai ke roda mobil.

  1. Sistem Keamanan yang Canggih

Penggunaan teknologi Intelligent Transport System (ITS) menjadikan mobil listrik satu-satunya mobil dengan sistem keamanan terbaik. Intelligent Transport System (ITS) bekerja sebagai sistem keamanan mobil yang akan mengehentikan mobil secara otomatis sebelum mobil tertabrak sesuatu.

  1. Perawatan Lebih Mudah.

Karena listrik sebagai tenaga utama dalam mobil ini, maka para pengguna mobil listrik tidak perlu mengganti oli atau mengisi ulang komponen sistem pembakaran. Cukup dengan merwat baterai mobil saja.

Kekurangan mobil listrik

  1. Jarak

Penggunaan baterai sebagai sumber penggerak mesin mobil listrik berakibat pada keterbatasa jarak tempuh. Hanya 120 kilometer saja yang mampu ditempuh mobil listrik selama pengisian tenaga selama 6 jam penuh.

  1. Keterbatasan Kecepetan

Meski memliki keunggulan dalam torsi karena penyaluran tenaga secara langsung, sayangnya kecepatan mobil listrik ini masih terbatas. Hal itu terjadi karena mesin mobil listrik yang tidak bisa dioprek, karena hal tersebut dapat menyebabkan korslet pada mesin.

  1. Harga

Dengan teknologi canggih yang disuguhkan pada konsumen, mobil listrik menjadi mobil dengan harga jual yang tinggi. Selain harga mobil yang cukup mahal, baterai mobil listrik juga dibandrol dengan harga fantastis. Tapi hal itu tergantung dari jenis dan penggantian baterai.

  1. Kurang Populer

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, mobil listrik masih kurang dikenal oleh masyarakat luas. Mobil listrik masih sangat kurang pengenalan sehingga tidak terlalu diketahui oleh masyarakat di Indonesia.

Reporter: Viery Andhika Ramadian

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini