Wajib Tahu! Ini Musik-musik Terkenal Karya Mozart

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Musik Klasik bukanlah musik yang pasaran, bahkan musik ini tidak pernah masuk ke dalam daftar putar di radio. Namun, bukan berarti musik klasik tidak pernah kita dengar. Wolfgang Amadeus Mozart merupakan salah satu komponis musik klasik yang musiknya diakui dunia.

Mozart juga merupakan komponis di era Baroqu. Banyak musik ciptaan Mozart yang menjadi terkenal dan sering diperdengarkan lalu diakui oleh dunia.

Salah satunya adalah Eine Kleine Nachtmusik atau yang berjudul asli Serenade no. 13 for Strings in G Major. Pada eranya, komposisi musik ini ketika Mozart bekerja dalam opera Don Giovanni.

Sehingga musik ini identik dengan pesta dansa. Banyak sekali iklan televisi yang menggunakan Serenade no. 13 for Strings in G Major sebagai musik latar. Coba dengarkan. Dan kamu pasti akan merasa tidak asing dengan musik ini.

Selain Serenade no. 13 for Strings in G Major, Symphony No.40 juga salah satu musik milik Mozart yang sangat terkenal. Kedua musik tersebut bahkan populer untuk nada tunggu di telepon.

Banyak orang yang menunggu dalam kecemasan di telepon. Nah, musik ini dapat membantu menenangkan diri.

Bagian musik hanya bagian pengantar saja. Sebab sebagian besar masyarakat generasi muda di dunia hanya mengenal lewat bagian pengantarnya saja. Ini juga merupakan salah satu cara agar generasi muda juga dapat menikmati musik klasik.

Lalu ada karya Mozart, Smyphony No. 25 in G minor. Karya ini kurang terkenal terutama oleh masyarakat saat ini. Namun, musik ini termasuk ke dalam salah satu musik terbaik milik Mozart.

Simfoninya mengkombinasikan bentuk klasik dengan ekspresi flamboyan Mozart. Awalnya meski terdengar ekspresif, tapi juga menghadirkan sebuah suara yang jernih.

Sementara di gerakan ke-3 kombinasi melodi keluar dan masuk secara bergantian. Mozart juga menutup musik ini dengan nuansa yang riang.

Karya lain Mozart yang populer adalah The Marriage of Figaro. Ada cerita di balik pembuatan musik ini. Penulis liriknya adalah Lorenzo da Ponte. Ia mengambil jalan cerita dari permainan teater karya pierre Beaumarchais.

Opera yang mementaskan karya ini menjadi salah satu karya Mozart yang paling sukses. Kesuksesannya di akui dunia, terutama overture dalam opera ini sangat terkenal. Hingga sering dimainkan dalam banyak konser musik klasik.

Kemudian, Piano Concerto No. 21 in C Major atau biasa kita kenal dengan Elvira Madigan. Musik ini memiliki simfoni yang suaranya tumbuh secara perlahan-lahan.

Musik ini memiliki tiga gerakan, gerakan keduanya ditampilkan dalam film Swedia tahun 1967, Elvira madigan itulah asal usul musik ini dikenal sebagai musik Elvira Madigan. Masih banyak lagi musik yang terkenal karya Mozart, seperti Oboe Concerto in C Major, Cosi Fan Tutte, Clarinet Quintet in A Major, The Magic Flute, Horn Concerto No. 4 in flat Major, Symphony No. 41 in C Major, Exsultate, Jubilate, Clarinet Conserto, Requiem, dan lainnya.

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini