Wajib Baca! Ini Panduan Nonton Sekuel Terbaru Film X-Men yang Baik dan Benar

Baca Juga

By: Rans Solo

MINEWS, JAKARTA – Banyak orang kebingungan dan bertanya mengapa timeline dari film X-Men memang seakan melompat-lompat. Sampai-sampai hal ini dipertanyakan oleh Deadpool di film solonya.

Maklum, timeline-nya yang berubah total sejak tayangnya film X-Men: Days of Future Past (2014). Biar gak bingung ketika menyaksikan X-Men: Dark Phoenix di bioskop mulai 14 Juni nanti, berikut penjelasan timeline-nya :

Ketika Kitty Pryde mengirim alam bawah sadar Wolverine ke tahun 1970-an di X-Men: Days of Future Past, ada dua hal besar yang terjadi di X-Men Cinematic Universe ketika Wolverine berhasil mengubah masa lalu.

Yang pertama tidak saja masa depan yang suram berhasil dihapus, tapi juga timeline dari film trilogy pertama X-Men dan kedua film solo Wolverine (X-Men Origins: Wolverine dan The Wolverine) juga terkena efeknya.

Karena kita pusing dengan timeline X-Men yang semrawut, mari kita rapihkan.

Dimulai dari X-Men : First Class (2011) yang bersetting di tahun 1962, Charles Xavier dan Erik Lensherr membangun Xavier school for gifted youngster dengan tujuan untuk para mutant agar mereka mendapatkan kehidupan yang layak dan tidak menyalahgunakan kelebihan Yang mereka miliki.

Di film ini juga memberikan sebuah konklusi yaitu perbedaan pendapat antara Charles dan Erik alias magneto yang menyebabkan perpecahan dan menjadi dua kubu berseberangan.

Sementara itu, Logan sudah ikut berperang dari perang saudara hingga perang Vietnam dan menjadi obyek percobaan weapon X oleh William Stryker di lakon X-men Origins : Wolverine (2009) dan berakhir Logan atau kita kenal sebagai Wolverine yang pergi mengembara dan sedikit melupakan masa lalunya yang kelam.

Beberapa tahun kemudian, mutant telah dianggap sebagai pihak yang mengancam negara bahkan dunia. Namun Xavier bersama dengan tim X-men ingin membuktikan bahwa mereka tidak membahayakan namun magneto beserta kelompok brotherhood of mutants ingin menguasai Dunia di film X-Men (2000).

Pun magneto ditahan, dan X-men pun mulai dianggap sebagai pahlawan. Namun muncul ancaman baru yaitu William Stryker yang ingin membinasakan mutant. Untuk itu X-men dan Brotherhood of mutant harus bersatu di X-men 2 : United (2003), dan Jean Grey pun tewas mengorbankan dirinya di film Ini.

Lalu, di film X-Men : The Last Stand (2006) Jean Grey hidup kembali dan dijuluki sebagai Phoenix. Namun, kebangkitan Jean Grey Ini dimanfaatkan oleh Magneto dan brotherhood of mutants untuk membuat Jean Grey berpihak pada mereka dan menjadi ancaman dunia.

Belum lagi permasalahan pemerintah telah menemukan obat penyembuh untuk mutant yang membuat mereka kehilangan kekuatan nya. Sekuel ini memiliki akhir yang kelam yaitu tewasnya Cyclops, Charles Xavier, dan Jean Grey.

Atas kejadian itu, Wolverine mengasingkan diri ke Jepang dan bertemu dengan Yashida di film The Wolverine (2013) yang ia selamatkan dari bom atom pada Perang Dunia II yang telah menjadi Yakuza.

Yashida yang menjadi Silver Samurai menginginkan kemampuan super-healing milik Wolverine agar ia hidup abadi. Di pertarungan tersebut ia harus kehilangan cakar adamantiumnya.

Di post credit film The Wolverine, ia bertemu dengan Magneto dan Xavier dari masa depan lalu diperingatkan bahwa akan terjadi sesuatu yang akan mengancam keberlangsungan hidup mutant dan umat manusia yaitu Trask Industries dengan program Sentinelnya.

Satu dekade kemudian di tahun 2024 yang menjadi latar film X-Men: Days of Future Past (2014), digambarkan mutant terancam punah dan mutant yang masih tersisa bertarung melawan Sentinel yaitu robot pembasmi mutant.

Wolverine dikirim ke tahun 1973 untuk mencegah upaya Trask Industries yang sedang mengembangkan program Sentinel, ia pun berhasil menghentikan Trask Indutries.

Timeline X-Men berubah, sejarah di reset Wolverine ditemukan oleh Mystique yang menyamar menjadi William Stryker. Disini terjadi plothole yang begitu besar apa yang terjadi pada Wolverine ketika timeline X-Men di reset.

Setelah konklusi Yang disajikan di film X-Men : Days of Future Past, ternyata ada mutant pertama yang hidup sejak zaman peradaban mesir yaitu en-sabah nur atau The Apocalypse.

Lalu, Film X-men : Apocalypse (2016) yang berlatar tahun 1982, keberadaan mutant telah di ekspos setelah kejadian di film X-Men : Days of Future Past. Charles Xavier dan para mutant yang baru di rekrut diantaranya Nightcrawler, Cyclops, Jean Grey, Quicksilver, dan Mystique, harus siap menghadapi The Apocalypse yang mengancam ketentraman dunia.

Mereka berhasil menghentikan Apocalypse dan X-men mampu membuktikan bahwa mutant bisa menjadi penyelamat umat manusia.

Dalam Film X-men : Dark Phoenix yang akan dirilis pada 14 Juni 2019 di Indonesia, tim X-Men telah dianggap menjadi pahlawan. Hingga pada suatu ketika mereka melakukan misi penyelamatan ke luar angkasa dikarenakan suatu kelalaian Jean ditabrak oleh kekuatan kosmik yang mengubahnya menjadi salah satu mutan paling kuat.

Jean grey pun bergulat dengan kekuatan yang semakin tidak stabil dan kehilangan kendali. Di sisi lain, kita kenalan dengan wilson wade atau lebih dikenal dengan nama Deadpool di film Deadpool (2016). Mantan tentara bayaran yang terancam nyawa nya akibat penyakit kanker.

Ia pun menjadi eksperimen manusia super yang mengakibatkan dia memiliki respon lebih cepat dan juga super-healing. Menuntut balas atas orang yang telah menghancurkan hidupnya.

Di film ini, Deadpool pun diajak untuk menjadi anggota X-men oleh Colossus dan Negasonic Teenage Warhead. Namun Wade menolak nya mentah-mentah.

Lanjut di sekuelnya Deadpool 2 (2018) yang kali Ini Deadpool berusaha melindungi seorang mutan misterius bernama Russell yang diincar oleh Cable.

Cable sendiri merupakan mutan yang datang dari masa depan. Untuk melindungi Russell, Deadpool membentuk sebuah tim bernama X-Force yang beranggotakan Domino, Negasonic Teenage Warhead, Colossus, dan Bedlam.

Disini ia menganggap sebagai anggota trainee dari tim X-men namun tim X-men menolak deadpool Karena tingkah laku nya Yang nyeleneh. Kembali ke kisah Wolverine lewat Film Logan (2017), di tahun 2029 X-men telah musnah, hanya tersisa Wolverine, Prof. Xavier, dan Caliban.

Namun suatu saat muncul Transigen yaitu sebuah badan yang memburu Logan dan Xavier. Transigen menginginkan mutant kembali berjaya dan menjadikan mutant sebagai senjata demi mendapatkan kepentingan Transigen.

Hingga suatu kejadian Logan bertemu Laura atau X-23 seorang mutant muda yang memiliki DNA yang sama dengan Logan.

Dalam situasi Ini, Logan harus melindungi Xavier dari kejaran Transingen serta mengantar Laura atau X-23 menuju Eden. Sebuah tempat berkumpulnya para mutant yang tersisa dan hidup dengan damai.

Kira-kira begitulah timeline film X-men yang berusia 20 tahun dengan 11 film sejak tahun 2000 hingga 2019. Memang ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab secara keseluruhan untuk franchise Ini.

Mungkin saja akan terjawab di film New Mutants yang akan rilis tentative di tahun 2020. Atau kita akan melihat X-Men reboot versi Marvel Cinematic Universe di masa yang akan datang. Hal ini mengingat 20th Century Fox Rumah produksi tempat X-Men bernaung telah diakuisisi oleh Walt Disney yang telah memegang lisensi karakter marvel Comics.

Berita Terbaru

Hasil Sidang Sengketa Pilpres Ditolak MK, Bukti jadi Alasannya tapi Hakim Tak Terapkan Etika Hukum

Mata Indonesia, Yogyakarta - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang putusan sengketa hasil Pemilihan Umum (PHPU) Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024, Senin (22/4/2024), menolak permohonan dari paslon nomor urut 01 dan 03. MK menyatakan bahwa permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD tak memiliki dasar hukum yang cukup.
- Advertisement -

Baca berita yang ini