Tontonan Akhir Pekan, Film Peraih Oscar Spirited Away

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-  Bingung menghabiskan malam mingguan kamu? yuk coba menonton film anime asal Jepang Spirited Away atau “en to Chihiro no Kamikakushi.

Dalam Bahasa Jepang, film ini berarti “Penculikan Ajaib Sen dan Chihiro”. Ini jadi pilihan yang pas untuk penggemar film anime  dengan alur cerita yang menegangkan.

Film ini digarap Hayao Miyazaki. Sejak diluncurkan, film ini menyedot perhatian banyak orang dan malah menciptakan penggemar. Sehingga tak heran, film ini kemudian diadaptasi ke format drama panggung, saking populernya di Jepang.

Film yang secara resmi dirilis tahun 2001 ini berhasil menyabet penghargaan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori film animasi terbaik dan menjadi film anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut.

Film yang tercatat sebagai film tersukses dalam sejarah Jepang ini menceritakan tentang seorang anak perempuan berusia 10 tahun yang tersesat di dunia lain. Gadis yang bernama Chihiro ini memulai petualangan di dunia lain saat keluarga Chihiro yang hendak pindah ke rumah barunya. Karena perjalanan ke rumah barunya cukup jauh, ayah Chihiro mencoba mencari jalan pintas.

Jalan pintas yang ditempuh ini ternyata menuju ke sebuah pedesaan aneh yang membuat kedua orang tuanya penasaran lalu memutuskan untuk menjelajahi desa tersebut. Namun ternyata desa tersebut merupakan pintu gerbang antara dunia nyata dengan dunia arwah yang kemudian mengantarkan Chihiro pada petualangan seru yang dialaminya.

Nah, nonton film Spirited Away di bagian ini sangat memacu adrenalin karena Chihiro yang harus berhasil melewati tantangan demi tantangan.

Dalam petualangan panjangnya itu, Chihiro bertemu dengan Haku, manusia yang juga terjebak di dunia arwah yang kemudian menjadi teman Chihiro di dunia arwah. Tak hanya manusia, Chihiro juga berteman dengan arwah yang menempati dunia arwah yang dikunjunginya. Arwah tersebut bernama Kaonashi atau No Face dalam Bahasa Inggris.

Film ini sukses besar dan menjadi salah satu film legendaris dari Studio Ghibli karena berhasil ditonton oleh 23 juta penonton dan berhasil meraup keuntungan sebanyak 30 milyar yen. Jumlah ini nyatanya mengalahkan keberhasilan film Titanic.

Spirited Away jelas bukan animasi Jepang pertama yang telah mendunia, ada Magic Boy dan The Tale Of The White Serpent dari studio Toei Animation yang berbasis di Tokyo. Bahkan pada akhir abad ke-20 anak-anak diperkenalkan dengan film Science Ninja Team Gatchaman (alias Battle Of The Planets) hingga Pokemon.

Spirited Away sering disebut-sebut sebagai perpaduan antara industri dan idealisme. Temanya saja memadukan lingkungan, supernaturalisme, dan kemanusiaan. Sehingga, tidak afdol rasanya penggemar budaya populer Jepang belum nonton anime satu ini.

Penulis naskah, komentator, Dr Jonathan Clements, yang karyanya adalah ensiklopedia anime dan drama TV Jepang, mengatakan bahwa kemenangan Oscar untuk Spirited Away adalah untuk menyadarkan banyak industri film terutama Hollywood yang telah mengabaikan animasi Jepang selama ini. ”Studio Ghibli -yang mengerjakan proyek Spirited Away– selalu tertarik pada tema lingkungan. Mereka cukup sadar untuk mengangkat isu lingkungan. Selain itu, mereka juga sadar bahwa studionya berbasis di kota baru di Tama Hill yang dulunya merupakan pedesaan,” kata Clements sebagaimana dikutip dari BBC.

Beberapa perusahaan film telah mengadopsi tema lingkungan sebagai konten biasa yang mudah, tetapi Miyazaki memiliki kecintaan tidak hanya pada lingkungan yang berkelanjutan, melainkan juga kehidupan anak-anak.

Dalam suatu adegan, Chihiro berteman dengan “Dragon Boy” yang misterius, dan dipaksa bekerja di pemandian mewah milik penyihir aneh Yubaba (yang merebut identitas Chihiro, dan mengganti namanya menjadi “Sen”).

Kemudian, Chihiro dipaksa membantu menyediakan air herbal untuk arwah raksasa yang dipenuhi lumpur. Di tengah kekacauan Chihiro memperlakukan makhluk itu dengan kasih sayang dan lembut, kemudian ia berubah menjadi roh sungai suci.

Dalam adegan ini, Miyazaki telah menjelaskan bahwa ia bercermin dari pengalaman mudanya dalam membantu membersihkan sungai setempat, membuang kotoran sembarangan termasuk sepeda yang ditinggalkan, dan menyaksikan satwa liar bisa kembali ke perairan.

Bagian dari keajaiban abadi Spirited Away adalah kedalaman detailnya yang luar biasa. Chihiro dan Kamaji merupakan pendalaman karakter yang unik. Ditambah dengan para monster yang masih memiliki hati nurani. Serta penggambaran properti dalam film yang lebih disoroti.

 

Reporter : R Al Redho Radja S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini