Tiramisu, Siapa Sangka Resepnya Tercipta Karena Kesalahan

Baca Juga

MATA INDONESIA, TREVISO – Jika melipir ke restoran atau kafe, menu tiramisu akan dengan mudah kita temui dan menjadi menu paling populer. Tiramisu menjadi menu dessert lezat yang banyak diolah oleh juru masak di seluruh dunia. Rasanya sangat mustahil jika ada orang yang mengatakan tidak menyukai makanan ini.

Tapi, tahukah kamu jika tiramisu memiliki fakta menarik?

Menurut sejarahnya, tiramisu dibuat pada tahun 1970-an oleh restoran Le Beccherie, restoran yang berlokasi di Treviso, Italia Utara, milik keluarga Ado Campeol yang berdiri sejak tahun 1939. Dan ternyata resep makanan ini tercipta karena kesalahan juru masak di restoran tersebut.

Ceritanya bermula ketika kala itu sang juru masak hendak membuat es krim rasa vanila. Namun, ia tak sengaja menjatuhkan beberapa keju mascarpone ke dalam mangkuk yang telah berisi gula dan telur.

Ia tidak menyadari semuanya hingga akhirnya ia mencicipi rasa dari hidangan racikannya.  Begitu mencicipi, ia menemukan rasa baru yang menurutnya lezat dan menyenangkan dari hasil kesalahannya. Kemudian ia memberitahukan hal ini kepada Alba, Istri Campeol.

Akhirnya, mereka bersama-sama menyempurnakan menu makanan penutup tersebut dengan menambahkan rendaman biskuit ladyfinger dalam kopi, lalu menaburkan kakao. Menu hidangan ini muncul pertama kalinya di Veneto dalam sebuah artikel suratkabar lokal pada  edisi 1981. Informasi ini dengan cepat menyebar ke seluruh kota. Berbodong-bondonglah warga untuk mencoba dan membeli Tiramisu. Hingga akhirnya hidangan tiramisu menjadi salah satu menu dessert paling populer di Italia, bahkan menjadi bagian penting dalam makanan Italia.

Berkat penemuan ini, Campeol, sebagai pemilik restoran, mendapat julukan ‘Bapak Tiramisu’. Namun meski ciptaan restoran miliknya, ia tidak pernah mematenkan tiramisu sebagai temuannya.

Sebagai informasi, Campeol meninggal dunia di usianya yang ke-93 tahun. Ia mendapat penghormatan khusus dari Gubernur Veneto, Luca Zaia, mengenai jasanya dalam sejarah makanan dan anggur.

Kini, resep tiramisu seringkali bercampur dengan alkohol, seperti marsala atau rum. Tapi tak usah risau, resep tiramisu yang asli adalah yang bebas alkohol. Hal ini karena makanan ini sebenarnya ramah bagi anak-anak. Resep tiramisu bebas alkohol juga sudah sudah mendapat sertifikat dari Italian Academy of Cuisine di tahun 2010.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini