Tips Jadi YouTuber Gaming Tajir Ala Jess no Limit
YouTuber Jess no Limit (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjadi YouTuber di era digital seperti saat ini adalah profesi yang menjanjikan. Bagaimana tidak, Kamu bisa mendapatkan pundi-pundi uang hanya dengan membagikan aktivitas yang menyenangkan seperti main games, jalan-jalan, memasak atau bahkan sekedar mengabadikan moment bersama keluarga, teman ataupun pacar.

Jess no limit menjadi salah satu contoh dari deretan YouTuber tajir dan terkenal asal Indonesia. Hingga Oktober 2020, ia sudah berhasil meraup 19 juta subscribers dengan konten video gamenya seperti Mobile Legends maupun Among Us.

Sebelum memasuki dunia youtube, pria kelahiran Jakarta tersebut sudah menggeluti dunia permainan daring sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Ia bahkan berhasil menjuarai turnamen mobile legends dengan menduduki peringkat kedua dari seluruh dunia di musim ke empat.

Ia juga pernah mencatatkan diri sebagai bagian dari tim EVOS esports dan berkesempatan menjadi duta untuk piala presiden esport yang ditunjuk langsung oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2019.

Melansir akun YouTubenya, Jess No Limit pun membagikan cara bagaimana dirinya menjadi YouTuber gaming kepada para penontonnya sebagai berikut :

1. Niat
Jess No limit mengatakan bahwa untuk meraih kesuksesan dimulai dari niat. Karena apapun kendalanya jika di dalam diri sudah ada niat, maka sesuatu bisa diusahakan dan tentu keberhasilan akan menyusul.

“Dulu aku pas awal-awal, aku tidak punya computer, aku cuman punya satu iPad. Jadi awal-awal aku kerjanya live streaming pake iPad karena handphone ku dulu nggak kuat untuk main game jadi, aku pakenya iPad.” ujarnya.

Meski begitu, bukan berarti upaya tanpa kendala. Ia mengatakan, pernah saat melakukan streaming menggunakan iPad suaranya tidak terdengar sehingga dirinya terpaksa harus menggunakan handphone untuk membalas atau menanggapi orang yang menonton streamingnya itu.

2. Manfaatkan gadget yang dimiliki
Ia juga menyarankan untuk memanfaatkan handphone yang dimiliki dengan baik. Handphone berfungsi sebagai alat utama dalam melakukan kegiatan membuat konten maupun live streaming yang akan dibagikan di YouTube.

3. Hunting informasi aplikasi Live Streaming yang bisa digunakan di handphone
Pada zaman Jess memulai YouTube belum tersedia aplikasi live streaming maupun tutorial di handphone. Nah, kalau zaman sekarang dengan adanya peralatan yang sudah canggih tentu akan memudahkan pekerjaan YouTuber pemula seperti Anda.

4. Belajar editing video dengan teknologi yang ada
Dalam video yang diunggahnya, Jess juga menyarankan untuk belajar editing dengan memaksimalkan alat dan teknologi yang tersedia di handphone.

“Buat kalian yang nggak punya PC, berita baiknya nanti kalau kalian bikin video di hp terus kalian record, kalian bisa ngeditnya di hp. Memaksimalkan aplikasi yang tersedia di hp. Jadi istilahnya tidak harus mempunyai uang sebesar 20-30 juta untuk membeli komputer gaming baru memulai, namun kalian bisa memaksimalkan apa yang sudah tersedia,” katanya.

5. Siapkan peralatan tambahan
Selain hp, Jess juga menyarankan agar pemula harus memiliki peralatan tambahan seperti microphone, komputer hingga webcam. Tujuannya untuk mendukung performance di YouTube.

6. Harus ada ciri khas diri sendiri
Di dalam YouTube gaming terdapat dua tipe Youtuber gaming yakni tipe YouTuber yang hanya ingin menampilkan visual atau karakternya saja seperti wajahnya, fisik, pembawaannya yang seru dan lain-lain. Lalu tipe yang kedua merupakan tipe youtuber yang hanya ingin fokus menampilkan skill bermainnya saja. Kamu mau yang mana?

7. Konsisten Upload Konten
Kunci dari keberhasilan menjadi YouTuber menurut Jess adalah konsisten dalam mengupload konten.

“Jangan jadi YouTuber yang menghilang setelah berhasil mendapatkan uang banyak sehingga membuat kalian males untuk membuat konten lagi,” ujarnya.

Kata Jess, kalau menghilang untuk membuat konten yang kualitasnya bagus tak masalah. Tapi jika kualitasnya biasa saja, maka disarankan untuk membuat jadwal rutin upload misalnya seminggu sekali.

Reporter: Fifi Zuniarti

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here