MATA INDONESIA,JAKARTA- Gorilla dikenal sebagai hewan dengan ciri khas monyet besar, berkulit hitam, bertubuh besar. Yang menarik, kegemaran Gorilla memukul dadanya dengan dua tangan. Namun, apakah kalian tahu maksud dari hewan tersebut memukul dadanya?

Ilmuwan asal Jerman mencoba meneliti kebiasaan Gorilla. Salah satunya Edward Wright dari Institut Max Planck bidang Antropologi Evolusi. Menurut Edward, maksud gorilla jantan memukul dadanya yaitu sebagai peringatan kepada mangsa, musuh ataupun sejenisnya untuk tidak macam macam jika tidak ingin ada perkelahian.

Sedangkan bagi gorilla betina memukul dada untuk memberi sinyal kepada gorilla jantan bahwa ia pantas menjadi pasangannya. ”Tindakan yang dilakukan oleh gorilla jantan sama dengan memberi peringatan ‘Lihat, saya besar dan kuat, jangan macam macam dengan saya. Sedangkan yang betina ‘Lihat saya besar dan kuat, mungkin kamu ingin memilih saya sebagai pasangan,” kata Edward Wright.

Secara umum pukulan dada Gorilla itu dilakukan sebagai pertanda besarnya ukuran tubuh mereka. ”Kami yakin bahwa pukulan dada itu dilakukan untuk menyampaikan ukuran tubuh mereka serta aksi pamer betapa kuatnya mereka.”kata Edward Wright.

Saat memukul dadanya, hewan ini akan berdiri sambil mengeram.  Hebatnya pukulan di dada itu dapat terdengar hingga satu kilometer. Semakin besar badan gorilla tersebut maka semakin besar juga suara yang terdengar.

Teknik Gorilla memukul dadanya telah dipelajari oleh mereka sejak usia dini hingga tumbuh dewasa. Di kalangan mereka, gorilla jantan berkompetisi untuk menarik perhatian para betina dan para betina dapat berbaur dengan kelompok manapun.

Reporter : R Al Redho Radja S

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here