Tema HUT Korpri ke-49, Berkontribusi, Melayani dan Mempersatukan Bangsa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), HUT Korpri diperingati setiap 29 November setiap tahunnya.

Korpri merupakan organisasi profesi yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, Pegawai BUMN, Pegawai BUMD, dan anak perusahaan. Anggota organisasi ini harus memiliki sifat netral dan tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Pada umumnya, kegiatan yang diselenggarakan Korpri fokus pada kesejahteraan anggotanya, termasuk mendirikan sejumlah badan dan lembaga profit maupun nonprofit.

Korpri dibentuk dengan tujuan melindungi hak-hak pegawai Republik Indonesia. Ini dilakukan agar kesejahteraan pegawai tersebut tercapai. Selain itu, Korpri dibentuk untuk menumbuhkan rasa persaudaraan terhadap sesama pegawai.

Tahun ini, Korpri memperingati hari jadinya yang ke-49. Tema yang diusung dalam peringatan kali ini adalah “Berkontribusi, Melayani dan Mempersatukan Bangsa”. Tema ini dipilih dalam bentuk memenuhi tugas dan tanggung jawab seorang pegawai.

Pada tahun 2019 lalu saat merayakan HUT Korpri dilakukan beberapa kegiatan didalamnya. Agenda tersebut meliputi upacara, bakti sosial, olahraga, lomba, seminar, talkshow, diskusi, dan kegiatan lainnya.

Karena pandemik Covid-19 tak kunjung usai, perayaan HUT Korpri tahun 2020 dilaksanakan di tengah keterbatasan yang ada.

Dengan diadakannya peringatan ini, diharapkan seluruh anggota Korpri dapat meningkatkan kinerja dalam pelayanannya, terutama pelayanan terhadap publik. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, Korpri dituntut untuk memberikan pelayanan kepada publik secara maksimal.

Selain itu, sikap netral harus ditekankan agar profesionalisme tetap terjaga. Kerjasama antar pegawai dan masyarakat juga harus tetap dibina. Ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan di segala bidang yang ada.

Korpri juga bertekad dalam memantapkan fungsinya sebagai pemersatu bangsa. Ini dilakukan dengan cara memberikan pelayanan publik yang baik pada masyarakat Indonesia.

Di Jombang, Jawa Timur, pelaksanaan perayaan HUT Korpri ke-49 diisi dengan kegiatan bersepeda, bakti sosial, dan potong tumpeng.

H Akhmad Jazuli, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, menyampaikan bahwa perayaan HUT KORPRI tahun ini dimaksudkan untuk mengajak seluruh pegawai negeri untuk senantiasa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. ”Korpri dituntut untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal,” katanya.

Reporter: Diani Ratna Utami

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini