Tak Hanya Karang Taruna, Ini Organisasi yang Berkembang di Lingkungan RT/RW

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Karang Taruna merupakan organisasi masyarakat yang anggotanya terdiri dari para remaja.

Organisasi ini menjadi wadah pengembangan bagi para pemuda untuk memiliki rasa tanggung jawab dan rasa sosial yang tinggi. Di sejumlah wilayah, ternyata tak hanya Karang Taruna, organisasi yang mengumpulkan anak muda atau warga dalam satu wilayah. Berikut ini organisasi sejenis yang menghimpun warga di satu wilayah terdekat

1. Ikatan Remaja Masjid (IRMAS)

Remaja masjid atau sering dikenal berbagai nama seperti IRMAS, REMAS, ataupun PRISMA merupakan perkumpulan pemuda masjid yang melakukan aktivitas sosial dan ibadah di lingkungan suatu masjid. Pembagian tugas dan wewenang dalam remaja masjid termasuk dalam golongan organisasi yang menggunakan konsep Islam dengan menerapkan asas musyawarah, mufakat, dan amal jama’I (gotong royong) dalam segenap aktivitasnya. Umumnya remaja masjid berusia 15-25 tahun tugas utamanya adalah memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan yang menghimpun generasi di sekitar masjid tempat tinggal mereka.

2. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan. Secara umum, tentunya tak asing dengan sebutan organisasi ibu-ibu. Istilah ini sudah begitu luas dan biasanya dengan perkumpulan ibu-ibu yang memiliki berbagai kegiatan postif.

Mulai dari kegiatan pelatihan UKM (Usaha Kecil Menengah), pengajian, sampai seminar-seminar kecil mengenai kesehatan reproduksi, KB (Keluarga Berencana), KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga), dan kesehatan anak. Laki-laki pun juga bisa ikut serta dengan berbagai program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, baik untuk isu keluarga umum maupun isu perempuan yang sifatnya khusus, seperti hak-hak perempuan dalam rumah tangga.

Reporter: Gilang Permata

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini