Tak Hanya Indonesia, Ini Daftar Negara yang Punya Minuman Sekelas Jamu
Honey Citron Tea dari Korea Selatan (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jamu merupakan minuman herbal khas Indonesia. Namun, tradisi minuman herbal ternyata ada juga di negara lain lho. Berikut daftar negara yang memiliki minuman herbal sekelas jamu :

1. Korea Selatan
Salah satu minuman herbal khas Korsel adalah Honey Citron Tea. Disebut demikian karena minuman ini adalah perpaduan antara teh dan buah citron, semacam jeruk yang memiliki kulit tebal dan kasar. Biasanya citron diawetkan dalam madu, sehingga jika kita mengonsumsinya hanya cukup melarutkan madu tersebut dengan air panas. Manfaat yang diberikan dalam kandungan citron tea ini bagus untuk kesehatan dan salah satunya menyembuhkan batuk pilek.

Selain itu, ada juga omija tea. Minuman ini berkhasiat untuk menyembuhkan batuk dan sejumlah penyakit pernapasan. Minuman ini terbuat dari magnolia berry yang dicampur dengan bubuk hijau, kelopak bunga atau madu sebagai penikmat rasa. Maka tak heran, minuman ini memiliki 5 rasa yang tercampur jadi satu yaitu manis, asam, asin, pahit, dan pedas.

Lalu ada juga cornelian cherry tea yang kaya manfaat untuk kesehatan seperti dapat mengobati disentri, diare, meningkatkan fungsi ginjal. Minuman ini juga mengandung antioksidan dan bisa menjadi antivirus serta antibakteri.

2. Cina
Negara Cina juga memiliki minuman herbal yang bermanfaat bagi warganya sendiri. Salah satunya Liang Tea. Uniknya minuman herbal ini ternyata tidak dibuat dari daun teh, melainkan menggunakan tumbuhan lain seperti bunga krisantemum dan kembang sepatu.

Liang teh berkhasiat menyembuhkan panas dalam, maka dari itu kata ‘Liang’ yang digunakan memiliki arti yaitu dingin. Sehingga, sangat cocok untuk tubuh kita yang sedang kurang fit.

Rasa dari minuman liang teh cenderung tawar dan memiliki aroma racikan tumbuhan yang kuat. Kalaupun ada terasa manis sedikit, itu muncul karena ada tambahan racikan dari bahan kayu manis Cina.

Selain itu, ada juga minuman herbal lainnya yaitu teh hijau. Teh hijau terbuat dari daun camellia sinesis yang sudah dikeringkan, serta mengandung 25 mg kafein per cangkirnya.

Dalam teh ini ada kandungan senyawa lainnya seperti katekin, theanine dan berbagai vitamin dan mineral. Rasa yang dimiliki teh hijau terasa agak pahit, maka cocok disebutkan sebagai minuman teh yang dapat menurunkan berat badan.

Minuman ini juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, menghambat pertumbuhan sel kanker, perawatan wajah dan melancarkan sistem pencernaan.

3. India
Minuman berkhasiat bagi kesehatan di India bernama Masala Cai. Ini adalah minuman yang terdiri atas campuran susu dengan teh serta bahan rempah-rempah lainnya seperti jahe, cengkeh, kayu manis, kapulaga, adas, lada, bintang. Rempah-rempah tersebut ditumbuk hingga halus dan kemudian masukan kedalam minuman susu yang sudah dicampur teh.

Selanjutnya ada Haldidoodh, minuman ini disenangi oleh warga India karena selain segar ternyata dipercaya sebagai obat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit seperti flu, infeksi, sakit tenggorokkan, serta dapat memperkuat imun tubuh dan memulihkan cedera fisik secara cepat. Minuman ini terbuat dari campuran susu yang mengandung penuh lemak, kunyit, madu, jahe, kayu manis.

4. Inggris
Kalau di Inggris minuman herbalnya adalah Gin dan Tonic. Minuman ini sudah lebih dulu dikenal di sejumlah negara Eropa. Namun di Inggris, Gin di campurkan dengan air tonic yang rasanya menyerupai wishkey. Namun, takaran keduanya tetap dibalance sesuai dengan selera peminum.

Minuman ini diiklankan pertama kali oleh tentara Inggris di India pada abad ke- 18. Minuman ini mampu menyembuhkan malaria.

Reporter: Tara Saphira Kirana Hasannudin

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here