Stairway to Heaven Jadi Bukti Popularitas Led Zeppelin Tak Tergerus oleh Zaman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA– Stairway to Heaven adalah sebuah lagu hits dari grup musik Led Zeppelin. Lagu ini ciptaan Jimmy Page dan Robert Plant untuk album studio keempat, Led Zeppelin IV.

‘Stairway to Heaven’ berada di urutan ketiga dalam Daftar 100 Lagu Terbesar pada tahun 2000 versi VH1.

Lagu ini paling banyak mendapat permintaan dan pemutaran saat tayang di stasiun radio di Amerika Serikat. Meskipun tidak rilis secara komersial sebagai single. Pada November 2007, melalui penjualan unduhan yang mempromosikan album Mothership, ‘Stairway to Heaven’ menduduki posisi ke-37 di UK Singles Chart.

Rekaman Stairway to Heaven berlangsung pada Desember 1970 di Basing Street Studios, London. Lagu ini menjadi lengkap dengan lirik tambahan oleh Robert Plant dalam sesi-sesi untuk ‘Led Zeppelin IV’ di Headley Grange, Hampshire, pada tahun 1971.

Awal mula lagu ini tercipta ketika Jimmy Page dan Robert Plant menghabiskan waktu di Bron-Yr-Aur, sebuah pondok terpencil di Wales, setelah tur konser Amerika kelima Led Zeppelin. Page selalu menyimpan perekam kaset dan ide untuk ‘Stairway to Heaven’ muncul dari potongan-potongan musik yang direkam.

Bagian pertama lirik lagu, yang ditulis oleh Plant di samping api unggun sore di Headley Grange. Sedangkan sebagian lirik lagunya adalah improvisasi secara spontan Page dan Plant. Saat itu suasananya santai, Page memetik gitar di depan api unggun dan Plant membawa pensil dan kertas.

Setelah hasil studio rekamannya jadi, Atlantic Records, label rekaman Led Zeppelin, ingin merilisnya sebagai single. Namun, Peter Grant, manajer band, menolak permintaan tersebut. Hal ini menyebabkan banyak orang enggan membeli album keempat karena ‘Stairway to Heaven’ adalah single.

‘Stairway to Heaven’ adalah lagu berirama progressive rock, folk rock, dan hard rock. Lagu ini mulai dengan tempo lambat dengan instrumen akustik. Lalu secara bertahap menjadi lebih cepat dengan instrumen elektrik. Kemudian suara solo gitar yang cukup panjang sebelum berubah lebih cepat pada bagian hard rock.

Plant menyanyikan bagian awal, tengah, dan akhir menggunakan rentang vokal tengahnya. Tetapi menyanyikan bagian hard rock dengan rentang nada yang lebih tinggi berbatasan dengan falsetto.

‘Stairway to Heaven’ menjadi salah satu lagu rock terbaik sepanjang masa. Menurut jurnalis musik Stephen Davis, meskipun lagu tersebut rilis pada tahun 1971, butuh waktu hingga 1973 sebelum popularitas lagu tersebut benar-benar naik ke status yang luar biasa.

Pada peringatan 20 tahun rilis asli lagu tersebut, asosiasi radio AS mengumumkan bahwa lagu ini telah mencatat sekitar 2.874.000 pemutaran radio. Pada tahun 2000, ‘Stairway to Heaven’ telah disiarkan di radio lebih dari tiga juta kali. Lagu ini juga tercatat menjadi lagu terlaris dalam sejarah musik rock.

Pada 2004, majalah Rolling Stone menempatkan ‘Stairway to Heaven’ di nomor 31 dalam daftar 500 Lagu Terbesar Sepanjang Masa. Sebuah artikel dari majalah Guitar World yang terbit 2009 menulis gitaris Jimmy Page pada peringkat nomor satu dalam daftar 100 Solois Gitar Terbaik dalam Sejarah Rock and Roll.

WAXQ, stasiun radio rock klasik yang berbasis di New York, melakukan survei pendengar untuk membuat penghitungan mundur 1.043 lagu rock (angkanya disesuaikan dengan posisi stasiun di 104,3 FM). ‘Stairway To Heaven’ memperoleh suara terbanyak dari pendengar. WAXQ telah melakukan survei setiap tahun sejak saat itu termasuk yang terbaru pada November 2020, di mana ‘Stairway To Heaven’ menjadi lagu di peringkat teratas.

‘Stairway to Heaven’ merupakan salah satu bukti nyata bahwa popularitas Led Zeppelin tidak tergerus oleh zaman. Led Zeppelin boleh bubar, namun karya-karyanya akan selalu abadi bagi pencinta musik rock di seluruh dunia.

Reporter: Safira Ginanisa

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini