Sabtu, Januari 22, 2022

Sosok Batman dari Masa ke Masa, Mengapa Kali Ini Robert Pattinson yang Dipilih?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAThe Batman, akan rilis oleh Warner Bros Picture di Amerika Serikat pada 4 Maret 2022 mendatang. Sutradara Matt Reeves akan meramu kisah manusia kelelawar dalam versi terbaru.

Sebagai pemeran utama yang akan memerankan Bruce Wayne alias Batman adalah Robert Pattinson, pemeran Edward Cullen dalam film vampire The Twilight Saga. Ini memang cukup mengejutkan, mengingat banyak fans superhero yang meragukan acting Pattinson. Mereka khawatir jika Pattinson tidak dapat memerankan karakter Bruce dengan baik.

Namun keraguan tersebut tak dirasakan oleh Matt Reeves. Ia mengungkapkan alasannya memilih Pattinson. Menurutnya, Pattinson adalah aktor hebat yang sangat berbakat. Ia mampu melakukan pekerjaannya dengan cara yang luar biasa.

Alasan lain dari Reeves, Pattinson adalah fans Batman yang penuh semangat, oleh karenanya ia merasa senang mengajak Pattinson berkolaborasi dan berbagi antusiasme untuk memerankan karakter kesukaannya itu.

Reeves juga melihat Pattinson memiliki jiwa yang tepat untuk memerankan manusia kelelawar. Bahkan ia merasa Pattinson memiliki jiwa yang lebih dari itu, bisa memerankan Batman dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Sebelum Pattinson, tercatat telah ada sembilan aktor yang pernah memerankan Bruce Wayne. Siapa sajakah mereka?

  1. Lewis G. Wilson (1943)

Lewis adalah aktor Amerika yang menjadi pemeran Batman pertama, yang ditayangkan di serial televisi pada tahun 1943. Memiliki 15 episode, serial ini memperkenalkan tokoh Batman untuk pertama kalinya pasca perilisan karakternya melalui DC Comics.

Kala itu Lewis memerankan saat usianya masih 23 tahun. Serial televisi ini juga menjadi debut pertamanya sebagai aktor.

  1. Robert Lowery (1949)

Serial televisinya yang sukses, membuat Columbia Pictures memutuskan untuk mengangkat serial Batman ke layar kaca pada tahun 1949, dengan judul Batman and Robin, dengan 15 episode.

Adapun aktor yang dipilih untuk memerankan superhero berkostum kelelawar itu adalah Robert Lowery, yang kala itu berusia 36 tahun. Sementara karakter Robin diperankan oleh Johnny Duncan.

  1. Adam West (1966 – 1968)

Menjadi aktor ketiga Amerika yang memerankan karakter Batman, para fans superhero menilai acting Adam West memukai, karena ia berhasil menghidupkan karakter Batman. Ia dijuluki sebagai pemeran Batman terbaik di masa itu.

  1. Michael Keaton (1989 dan 1992)
The Flash
(Foto: esquire)

Memerankan Batman secara dua kali dalam dua film, yakni film Batman (1989) dan Batman Returns (1992), Michael Keaton juga mendapatkan banyak pujian dari para penggemar.

Pasalnya, ia mampu mengubah karakter Batman di pada dua film sebelumnya, di era 1960-an. Kalimat “I am Batman” dengan karakter suara beratnya pada Batman (1989)  mampu menjadi hal yang ikonik di masa itu.

  1. Kevin Konroy (1992 – 1995)

Aktor yang satu ini juga pernah menjadi pengisi suara Batman selama tiga tahun berturut-turut sejak 1992 – 1995. Suaranya yang berat dan khas cocok menjadi suara Bruce Wayne yang misterius.

Ia juga menjadi pengisi suara untuk game karakter Batman. Seakan telah mandarah daging, banyak fans yang mengaku saat mereka membaca komik Batman, secara otomatis suara Konroy yang berat dan khas akan langsung terngiang.

  1. Val Kilmer (1995)

Sebenarnya, aktor yang memerankan Batman dalam film Batman Forever (1995) ini adalah Michael Keaton. Namun karena ada persoalan kontrak, Val Kilmer menggantikan posisi Keaton. Dalam film ini, Kilmer beradu peran dengan sejumlah aktor seperti Jim Carrey, Tommy Lee Jones, Nicole Kidman, dan lainnya.

Namun sayangnya, acting Kilmer menuai kekecewaan para penggemar superhero karena mereka menagnggap Kilmer tidak mampu memerankan Bruce Wayne (Batman) sebagai pribadi yang rumit, penuh kompleksitas, dan memiliki luka psikologis.

  1. George Clooney (1999)

Aktor ini menjadi pemeran Batman selanjutnya dalam film Batman and Robin (1999) garapan sutradara Joel Schumacher.

Namun sayang, ia bernasib sama dengan Val Kilmer, bahkan lebih parah. Film ini menjadi film Batman terburuk karena menuai respons negatif dari para fans superhero dan kritikus.

  1. Christian Bale (2005, 2008, dan 2012)

Aktor yang memerankan Batman ini sebanyak tiga kali ini.  Yakni Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008), dan The Dark Knight Rises (2012) mampu mengembalikan kesuksesan film Batman yang sempat terpuruk.

Dalam film The Dark Knight, Bale mampu memerankan Batman dengan sangat kompleks. Oleh karenanya, ia banyak mendapat pujian. Bahkan film ini menjadi film terbaik di antara film-film Batman sebelumnya.

  1. Ben Affleck (2016 dan 2017)

Sama seperti Bale, Ben juga memerankan film Batman sebanyak tiga kali, yakni Batman vs Superman: Dawn of Justice (2016), Suicide Squide (2016), dan Justice League (2017).

Di kala memerankan ketiga film tersebut, Ben tengah mengalami masa-masa sulit yang kerap membuatnya hancur. Hal inilah yang membuatnya pernah memutuskan untuk berhenti memerankan manusia kelelawar ini.

Namun akhirnya ia kembali lagi memerankan Bruce Wayne dalam film The Flash yang akan rilis pada 4 November 2022.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

 

 

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Susul Egy MV, Witan Sulaeman Resmi Gabung FK Senica

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bintang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman resmi bergabung dengan klub asal Slowakia, FK Senica. Kesempatan emas...
- Advertisement -

Baca berita yang ini