Siapkan Tisu, Ini Film-film Adaptasi Kisah Romeo dan Juliet

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Romeo dan Juliet merupakan kisah Cinta Romantis yang terkenal didunia. Kisah ini adalah karya tulis sastrawan terkenal, William Shakespeare.

Sangking terkenalnya tulisan ini, karyanya sudah berkali-kali dipentaskan dan menjadi drama musikal, film, maupun opera.

Memang sudah banyak yang terinspirasi dari kisah romansa tragis Romeo dan Juliet ini. Sudah banyak lho, yang mengadaptasikan kisah ini menjadi sebuah buku ataupun film dan menjadi film yang populer dan ditonton banyak orang hingga saat ini.

1. Romeo and Juliet (1996)
Romeo and Juliet (1996)

Film ini merupakan film buatan Baz Luhrmann dan menjadi film yang sangat dikenal oleh dunia, karena kisahnya yang diadaptasi dari karya Shakespeare. Dirilis pada tahun 1996, film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio sebagai Romeo dan Claire Danes sebagai pasangannya, Juliet.

Baz menggambarkan kisah ini dengan setting yang sangat kontemporer. Dilengkapi waria dan pesta narkoba didalam film tersebut.

Dialognya masih mengikuti naskah cerita asli karya Shakespeare, namun rincian plotnya ada beberapa yang diubah. Terutama pada plot terakhir.

2. Romeo and Juliet (1936)
Romeo and Juliet (1936)

Untuk yang ini, merupakan film buatan George Cukor sebelum film buatan Baz muncul. Film ini bahkan pernah menjadi deretan 1000 film terbaik yang pernah ada oleh The New York Times.

Difilm ini, Romeo dan Juliet dibintangi oleh Leslie Howard dan Norma Shearer. Tadinya produksi film ini sempat dikhawatirkan tidak akan menarik massa.

Namun, setelah film selesai digarap dan dirilis banyak dari penonton menyukai film ini dan membuat film ini menerima empat nominasi Oscar.

3. West Side Story (1961)
West Side Story (1961)
West Side Story merupakan film dengan gaya adaptasi yang unik dn menarik. Film ini memberikan drama musikal yang sangat menghibur.

Film musikal ini berlangsung di Upper West Side, New York selama pertengahan tahun 1950. Dengan Tony (Romeo) yang dibintangi oleh Richard Beymer dan Marie (Juliet) yang dibintangi oleh Natalie Wood. Meski idenya dari karya Shakespeare, namun terdapat perbedaan dari naskah aslinya.

Dalam film ini diceritakan tentang dua geng yang selalu bersaing. Saudara laki-laki Marie adalah Ketuanya dan Tony sebagai Pendiri Geng Jets.

Sama seperti kisah Romeo dan Juliet yang asli, akhir cerita dalam film ini tidak berakhir dengan bahagia. Film ini sangat sukses dan berhasil memenangkan sepuluh Academy Awards.

4. Romeo and Juliet (1968)
Romeo and Juliet (1968)

Kali ini yang menyutradarai adalah Franco Zaffirelli dan ditemani Leonard Whitin dan Olivia Husey sebagai Romeo dan Julietnya. Peran mereka berdua sukses dengan instan dan disukai tidak hanya penonton tetapi juga kritikus film.

Banyak yang percaya bahwa rahasia dari kesuksesan film ini adalah pemilihan aktornya yang masih muda dan menarik.

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini