Serial Kartun The Simpsons yang Mendominasi Hollywood

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – The Simpsons merupakan serial televisi animasi dengan jumlah episode terbanyak dan penggarapan naskah terlama dalam sejarah Amerika Serikat (AS).

The Simpsons pertama kali ditayangkan pada tahun 1987 sebagai kartun pendek di Tracey Ullman Show, sebuah program variety di FOX. Setelah tiga musim berjalan, The Simpsons dikembangkan menjadi tayangan utama selama setengah jam dan memulai debutnya pada 17 Desember 1989. Popularitas The Simpsons kemudian melejit dan menjadikannya serial televisi FOX pertama yang mendarat di peringkat 30 teratas dalam satu musim (1990).

Serial yang diciptakan oleh Matt Groening ini dibintangi oleh keluarga Simpson, yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa, dan Maggie. Keluarga Simpson memparodikan budaya dan kehidupan masyarakat Amerika dengan latar kota fiksi Springfield.

Karakter mereka langsung mencuri perhatian karena berbeda dari karakter Disney ataupun kartun lainnya yang terlihat mulus. The Simpsons memiliki garis-garis tajam, bergerigi, dan tidak beraturan. Semua orang berkepala lancip dan tampak seperti tersengat listrik. Warna kulit kuning cerah mereka juga mencolok dan mudah dikenali.

Keluarga The Simpsons
Keluarga The Simpsons

Meskipun berformat kartun, serial yang dikenal atas komedi satirenya ini merupakan acara yang ditujukan untuk pemirsa dewasa. Tema-tema yang diangkat bermacam-macam dan tidak sedikit memasukkan topik yang sensitif. Selain itu, The Simpsons juga sering menghadirkan sederet bintang tamu, seperti aktor, politikus, olahragawan, dan figur publik lainnya yang mengisi suara tokoh mereka sendiri.

Hingga saat ini, The Simpsons sudah menjajaki musim ke-31 dengan total 679 episode dan telah memenangkan banyak penghargaan sejak debutnya, antara lain 34 Penghargaan Primetime Emmy, 34 Penghargaan Annie, dan Penghargaan Peabody.

Dalam edisi 1999 yang merayakan pencapaian terbesar abad ke-20 dalam bidang seni dan hiburan, majalah Time menyebut The Simpsons sebagai serial televisi terbaik abad itu. Di terbitan yang sama Time juga memasukkan Bart Simpson dalam Time 100, yakni daftar publikasi dari 100 orang paling berpengaruh abad ke-20. Bart adalah satu-satunya karakter fiksi yang masuk ke dalam daftar.

Pada 14 Januari 2000, keluarga Simpson dianugerahi penghargaan bintang di Hollywood Walk of Fame. Pada tahun yang sama, kritikus TV majalah Entertainment Weekly, Ken Tucker menyebut The Simpsons sebagai acara televisi terbaik era 1990-an. Surat kabar Inggris, The Telegraph juga menyebut The Simpsons sebagai salah satu dari 10 sitkom televisi terbaik sepanjang masa.
Popularitas The Simpsons memberikan pengaruh yang besar untuk serial televisi lainnya. Bukan hanya serial televisi saja, namun sekarang The Simpsons juga mencakup buku komik, video game, dan film layar lebar.

Reporter: Safira Ginanisa

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini