Seperti Amazon, Kihnu Pulau Terpencil di Estonia Didominasi Perempuan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA- Pada umumnya, kaum pria lebih mendominasi terkait kepemimpinan dan kekuatan di suatu wilayah atau negara. Namun, salah satu pulau yang berada di pantai barat Estonia memiliki cerita unik didalamnya. Bayangkan saja, pulau terpencil yang bernama Kihnu itu dikuasai sepenuhnya oleh kaum wanita.

Dalam kehidupan sehari-hari, mereka melakukan pekerjaan yang tidak biasa seperti bertani, merawat ayam dan domba, membuat pakaian dam memperbaiki traktor. Bukan hanya itu, kaum wanita tersebut juga memiliki tanggung jawab besar diantaranya menyediakan kebutuhan makan sehari hari hingga mengasuh anak.

Tidak sampai disitu, mereka juga melestarikan tradisi para leluhur berupa menyebarluaskan lagu tradisional, mengembangkan kerajinan tangan, menjaga tari tarian dan menjadi kondaktur utama dari upacara pernikahan atau pemakaman. Melihat kondisi tersebut, maka tak heran kalau mayoritas orang dari beberapa negara menyebutnya sebagai pulau wanita. Hebatnya lagi, penduduk Kihnu masuk dalam daftar warisan budaya Unesco

Lalu, bagaimana peran kaum pria di pulau tersebut? Menurut cerita yang beredar, mereka pergi untuk mencari ikan di laut hingga merantau ke luar pulau. Dari situlah, kaum wanita di pulau Kihnu dapat berkembang dalam mengelola aspek kehidupan. Hal itu yang membuat para wisatawan tertarik untuk datang dan belajar tentang kekayaan yang dimiliki oleh pulau tersebut.

Meski begitu, seiring jalannya waktu populasi di pulau Kihnu terus mengalami penurunan. Terlebih lagi generasi muda disana lebih memilih untuk menjalani kehidupan diluar pulau yang menyebabkan budaya para leluhur terancam punah.

Reporter : R Al Redho Radja S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini