Selamat Ulang Tahun Bung Hatta, 6 Pesanmu Ini Tak akan Kami Lupakan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jumat, 12 Agustus 2022 adalah hari ulang tahun pahlawan, proklamator dan inspirasi besar bangsa Indonesia, Mohammad Hatta.

Lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1902, Hatta adalah Wakil Presiden RI pertama yang mendampingi Soekarno di masa-masa sulit awal kemerdekaan. Ia adalah seorang cendekiawan, negarawan, ekonom, konseptor  dan cendikiawan yang sudah menelurkan gagasan kebangsaan tak terhitung jumlahnya.

Hatta meninggal dunia di Jakarta, 14 Maret 1980. Banyak pesan-pesan Bung Hatta yang masih relevan hingga saat ini apalagi di saat kondisi negara kita tengah dilanda Pandemi Covid-19. Berikut, enam pesan Bung Hatta yang paling tak bisa dilupakan oleh bangsa Indonesia.

1. “Pahlawan yang setia itu berkorban bukan buat dikenal namanya. Tetapi semata-mata membela cita-cita.”

2. “Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.”

 

Bung Hatta (Sumber Foto: idntimes.com)
Bung Hatta (Sumber Foto: idntimes.com)

3. “Indonesia merdeka tak ada gunanya bagi kita, apabila kita tidak sanggup mempergunakannya memenuhi cita-cita rakyat kita: hidup bahagia dan makmur dalam pengertian jasmani maupun rohani.”

4. “Hanya satu negara yang pantas jadi negaraku. Ia tumbuh dengan perbuatan dan perbuatan itu adalah perbuatanku.”

5. “Membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna.”

6. “Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki.”

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini