Sejumlah Kota yang Promosikan Jamu lewat Festival
Ilustrasi jamu

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kebiasaan minum jamu mulai pudar di masa kini. Padahal jamu memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh.

Meski demikian, ada sejumlah kota di Indonesia yang tetap berjuang menjaga kelestarian jamu. Salah satunya dengan mengadakan festival jamu untuk menarik minat kaum milenial. Berikut daftar kota yang selalu menggelar Festival Jamu di Indonesia.

1. Rembang, Jawa Tengah
Kota ini pernah menggelar festival jamu pada tanggal 19-21 April 2018 di alun-alun Pemkab Rembang, Jawa Tengah. Selain menyuguhkan jamu, festival ini juga menghadirkan berbagai kuliner dengan mendirikan sejumlah stan dari 35 kabupaten/kota se-Jateng. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Rembang Abdul Khafid dan melibatkan banyaknya pengusaha jamu, pelajar dan masyarakat umum.

2. Cilacap, Jawa Tengah
Festival jamu di daerah ini bertujuan memberikan motivasi kepada pengusaha dan masyarakat untuk mengembangkan khasiat tanaman lokal. Festival Jamu dan Kuliner di Cilacap pernah digelar di Lapangan Batalyon pada 28-29 September 2019 lalu.

Acara tersebut dihadiri oleh 15 mahasiswa dari negara lain seperti Rwanda, Malaysia, Libya, Uganda, Perancis, Swedia, Madagaskar dan Sudan yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Jateng. Maka dari itu, acara tersebut diharapkan memberikan edukasi dengan memberikan manfaat apa saja yang terkandung dari jamu.

3. Yogyakarta
Kalau di Yogyakarta, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Festival Jamu Internasional. Acara ini dibuat sebagai bentuk kepedulian terhadap jamu dan untuk mengembalikkan eksistensi jamu.

Acara ini dikemas dalam rangkaian pre-event Festival Jamu Nasional ‘Menjamu Dijamu’ yang dilaksanakan pada 14-17 November 2019 silam di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Panitia juga menyediakan 100 liter jamu kunyit asem, beras kencur, temulawak hasil produksi UMKM setempat untuk diminum bersama.

Selain itu, UGM juga menggelar aksi minum jamu serentak di berbagai sekolah di Yogyakarta. Mulai dari SMAN 2 Bantul, SD Tumbuh 1, SMAN 3 Jogja, SMA Debrito hingga SMA Stella Duce 1 Jogja.

4. Malang
Festival jamu selanjutnya juga pernah dibuat di kota Malang pada tahun 2019. Festival Jamu Nusantara ini bertemakan ‘Jamu dengan Gaya Hidup Milenial’ dan dilaksanakan pada 7 November 2019 di Balaikota Among Tani.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Batu ini untuk memperkenalkan jamu sebagai warisan budaya dan obat kesehatan tradisional kepada kalangan anak muda.

Maka sebagai upaya untuk memperkuat literasi, panitia turut mengundang narasumber yang sudah berkarier di dunia jamu seperti Konsultan PT. Orang Tua Group Ir. Wahyu dan Konsultan Senior PT. Jaya Mitra Kemilau, Jamu Charles Saerang.

Reporter: Tara Saphira Kirana Hasannudin

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here