Resmikan KBN Tanjung Pasir Tarakan, Ini 5 Kluster yang Menjadi Fokus Pembangunan

Baca Juga

Mata Indonesia, Tarakan – Lantamal XIII Tarakan meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Tanjung Pasir, Senin 15 Mei 2023. Peresmian KBN ini dilakukan secara serentak oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) disaksikan panglima TNI secara vicon dan Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin.

Usai peresmian, Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Deni Herman mengatakan
ada 5 kluster yang menjadi fokus dalam program KBN yakni Pertama, kluster pertahanan. Tujuannya, membuat masyarakat dapat diberdayakan sebagai komponen pendukung pertahanan negara. Kedua, kluster ekonomi, yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pembinaan kelompok masyarakat/usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pendampingan.

Ketiga, kluster edukasi, guna meningkatkan pengetahuan masyarakat desa melalui pembentukan rumah pintar sebagai wadah untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi. “Khususnya terkait dengan berbagai kegiatan, pekerjaan, serta wawasan teknologi dan kebangsaan,” ungkapnya.

Keempat, kluster kesehatan, yakni meningkatkan kesehatan masyarakat desa melalui penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat serta peningkatan pelayanan puskesmas/polindes, peralatan medis, tenaga kesehatan, dan obat-obatan.

Lalu, yang terakhir, kelima, yaitu kluster pariwisata, yakni bertujuan menciptakan desa agar dapat dijadikan destinasi pariwisata, khususnya wisata bahari, dengan cara memelihara dan melestarikan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya buatan

Lebih lanjut, Deni memaparkan, program ini merupakan wujud kontribusi TNI AL untuk masyarakat. KBN ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Kampung Bahari Nusantara ini merupakan program dari Lantamal sebagai tindaklanjut kebijakan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya wilayah pesisir,” ucapnya.

Sebagai informasi, Kampung Bahari Nusantara merupakan program dari TNI Angkatan Laut yang bertujuan menciptakan kondisi juang tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan pertahanan.

Kegiatan peresmian serentak ini mengangkat tema ‘Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan bagi Masyarakat Maritim yang Sejahtera’. Kampung Bahan Nusantara (KBN) merupakan program yang dibentuk guna mengangkat potensi maritim suatu wilayah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini