Jumat, September 17, 2021

Pro dan Kontra, Apa Sih Child Free dan Faktor Penyebabnya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Belakangan istilah child free menjadi trending di Indonesia. Ada wanita yang memutuskan tak mau punya anak meskipun mampu.

Seorang YouTuber, Gita Savitri, beberapa waktu lalu mengaku tak ingin punya anak atau keturunan. Dia dan suami punya alasan tersendiri memutuskan child free.

Saat itu pernyataan Gita sempat menuai banyak hujatan netizen, tapi tak sedikit yang membela dengan alasan itu adalah keputusan pribadi setiap orrang yang tak bisa dipaksakan.

Lalu, sebenarnya apa sih pegertian child free? Mengapa seorang wanita memutuskan tak mau punya anak?

Salah seorang narasumber yang memutuskan child free mau bercerita dalam program ‘PUB’ di Mata Milenial Indonesia TV.

“Child free sebetulnya adalah tidak punya anak berdasarkan keputusan. Jadi bukan karena kondisi biologis yang tidak mampu, tapi karena tidak mau. Jadi sudah memutuskan tidak punya anak,” ujar Victoria Tunggono, di Channel YouTube Mata Milineal Indonesia TV.

Istilah child free disebut Victoria baru muncul belakangan ini, tapi secara konsep sudah lama.

“Apakah child free ini baru ada sekarang? Sebenarnya tidak. Mungkin karena sekarang teknologi lebih maju, jadinya trending. Istilah child free ini baru, tapi konsepnya sudah lama sejak tahun 1901 kalau nggak salah,” katanya.

Memilih menganut child free, Victoria mengaku harus siap mental dan siap hidup sendiri tanpa anak atau bahkan suami.

“Saya harus siap hidup sendiri karena yang saya tahu adalah, laki-laki yang child free di Indonesia sangat sedikit, mungkin sulit ditemukan. Jadi harus siap hidup sendiri,” ucapnya.

Hingga kini, Victoria memilih tak menikah karena sulit menemukan pria yang mau mengikuti pilihannya, child free. Dia mengaku sudah memikirkan soal ini sejak remaja.

“Saya memutuskan child free sejak remaja pas SMP kalau nggak salah. Dulu pas waktu pacaran, kalau dia mau punya anak, saya putusin, karena saya tidak mau menghalangi seseorang mau punya anak,” ungkapnya.

Lantas, apa faktor utama orang-orang lebih memilih hidup child free dan konsekuensi apa yang akan diterima jika memutuskan untuk child free? Simuk selengkapnya di video berikut:

- Advertisement -spot_img

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Government Drilling, Menggenjot Eksplorasi Mendorong Investasi Panas Bumi

MATA INDONESIA, JAKARTA - RUU Energi Baru Terbarukan tengah dirampungkan pemerintah. Harapannya, RUU bisa membuat subsektor energi itu lebih...
- Advertisement -spot_img

Baca berita yang ini

- Advertisement -spot_img