PlayStation 4 vs Xbox One, Pilih yang Mana
Ilustrasi PlayStation 4 vs Xbox One (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk dunia game konsol, nama PlayStation dan Xbox adalah primadona. Keduanya telah menjadi rival sejak dulu. Untuk saat ini, PlayStation 4 dan Xbox One menjadi rival yang ketat. Meski demikian, kedua produk ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Bila disandingkan, Kamu pilih yang mana, PlayStation 4 atau Xbox One?

1. Spesifikasi
Berbicara mengenai spesifikasi, sudah jelas bahwa Xbox One memiliki spesifikasi serta performa yang lebih unggul dari Play Station 4. Motonya sebagai “The World’s Most Powerful Console” memang benar terbukti adanya, namun walaupun begitu, PlayStation 4 juga tetap mampu tambil gahar dalam menjalankan berbagai game.

2. Harga
Akan tetapi kalau dibandingkan dengan harga, memang PlayStation lebih murah dibanding Xbox One. saat ini ada dikisaran harga 4,4 hingga 5,2 juta rupiah, versi Pro di harga 6,4 hingga 6,9 juta rupiah, sementara Xbox One S dibanderol di harga 4,9 hingga 5,5 dan versi Xbox One X di harga 7 hingga 8 juta rupiah. Namun kabar baiknya, kini harga Xbox One perlahan mulai menurun di Indonesia dan terasa semakin terjangkau.

3. Desain
Berbicara soal desain, keduanya memang terlihat sangat elegan, namun dengan tampilan minimalis & solid yang dimiliki oleh PS4, tampaknya Sony sedikit lebih unggul melalui body console varian PS4 mereka. Varian console edisi khusus yang disediakan oleh PS4 juga jauh lebih beragam dan lebih menarik, contohnya seperti Days of Play Edition & Marvel’s Spider-Man Edition yang baru rilis di tahun lalu. Beberapa saat lagi Sony & Square Enix juga akan kembali meluncurkan sebuah PS4 Pro bertemakan Kingdom Hearts 3 yang terlihat menawan.

4. Varian Game
Game yang ditawarkan turut menjadi salah alasan bagi mayoritas gamer menentukan pilihan konsol. Bila bicara soal game eksklusif, dari segi kualitas dan kuantitas PlayStation 4 jauh lebih unggul dibanding Xbox One, ragam game eksklusif yang mereka luncurkan jarang sekali menuai kegagalan.

Di tahun 2018 lalu saja kita dihadirkan dengan beragam game eksklusif PS4 yang sangat memukau, mulai dari God of War, Detroit: Become Human, hingga Marvel’s Spider-Man, yang kesemuanya mampu menuai kesuksesan yang luar biasa. Tak hanya sampai disitu, PS4 masih memiliki segudang line up game yang sangat diantisipasi kedepannya, mulai dari The Last of Us Part 2, Ghost of Tsushima, hingga Death Stranding.

Berbeda dengan Xbox One yang terlihat “seret” dengan meracik game eksklusif mereka, game eksklusif yang mereka miliki bisa dikatakan hanya sedikit yang mampu menuai kesuksesan luar biasa. Di tahun 2017 saja, 2 game ekslusif Xbox One, seperti Sea of Thieves & State of Decay dapat dikatakan gagal dan menuai ragam kritik negatif. Dan lagi, game eksklusif Xbox One terasa tak sepenuhnya eksklusif, karena turut dirilis juga untuk PC berbasis Windows 10.

Reporter: Ibnu Ibrahim

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here